TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur  Riza Rahmadi membuka acara sosialisasi pencegahan dan pengendalian kebakaran lahan atau kebun di Kabupaten Barito Timur, Kamis 3 September 2020.

Riza Rahmadi mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan pola pemahaman yang seragam pada tingkat petani terhadap berbagai ketentuan hukum maupun kebijakan terkait persoalan yang ada.

Maka dari itu,  jelasnya, yang menjadi hambatan adalah berupa pembukaan lahan yang biasa dilakukan dengan pola cara membakar.

Apalagi menurutnya di Barito Timur sebagian petani mengusahakan lahan kering dengan pola berladang.

“Tentu hal ini menjadi persoalan dikarenakan berbagai aturan perundang-undangan yang melarang pembukaan lahan dengan cara membakar, di satu sisi belum ada solusi konkret sebagai alternativ penyelesaiannya,” ucapnya.

Dirinya berharap agar ada ide atau pendapat terkait penyelesaian atau jalan keluar terhadap kendala yang dihadapi oleh petani.

Kegiatan tersebut nampak dihadiri Kabag Ops Polres Bartim, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Cabang Barito Timur, Pabung 1012/Buntok dan lainya.*