TAMIANG LAYANG- Bimbingan tekhnis Kurikulum Tahun 2013 (K-13) di tingkat Madrasah Ibtidayah (MI) di Aula Hotel Indra Jaya, Sabtu malam (20/22/2015) berlangsung dengan khidmat. Bimbingan tersebut di laksanakan selama 3 hari, dari tanggal 20 sampai 22 November 2015, dan  diikuti sebanyak 75 orang peserta yang terdiri dari tingkat MI, MTS, dan MA serta pengawas se-Kabupaten Barito Timur.
  Kepala Kemenag Bartim, H Abdul Rahman MPD melalui Kasi Pendis Kemenag Bartim H. Abdul Majid Rahimi S.Ag mengatakan, kebijakan pemerintah tahun 2013 dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah pengembangan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang dilaksanakan sejak tahun 2014 menjadi kurikulum 2013.
  ‘’Impelementasi Kurikulum 2013 di madrasah di terapkan secara bertahap mulai tahun 2014 diawali dengan dilaksanakanya pada kelas 1 dan 4 MI, kelas 7 Mts dan kelas 10 MA,’’ujarnya.
  Untuk persiapan K-13 di Madrasah tambahnya, dengan melaksanakan pelatihan- pelatihan dan workshop yang di selenggarakan kepala madrasah, guru dan pengawas madrasah. Melalui pelatihan tersebut, lanjut Majid, di harapkan kepala madrasah, guru dan pengawas madrasah dapat saling bersinergi untuk menerapkan kurikulum 2013 di madrasah masing- masing.
  Lanjutnya, dengan diadakannya bimbingan tekhnis ini, di harapankan  agar para pendidik di madrasah memahami konsep dan implementasi kurikulum 2013, Meningkatkan pemahaman dan keterampilan pendidik, Meningkatnya kemampuan dalam mengembangkan pembelajaran saintifik, Meningkatnya kemampuan dan pemahaman pendidik dalam merancang dan melaksanakan penilaian autentik serta tersusunya dokumen 1 Kurikulum 2013 dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan bahan ajar yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran.
  Dalam Bimbingan tersebut, telah mendatangkan 3 (tiga) orang Narasumber dari Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin. Yaitu Drs. H. Haeruman, M,Pd, Drs. H. Ahmad Zakariya, M,Pd dan H. Abdul Hamid, S,Ag, M.M,Pd.(metro7/ali/aa).