TAMIANG LAYANG – Bid Propam Polda Kalteng bersama petugas dari Rumah sakit Bhayangkara menggelar inspeksi mendadak (sidak) dalam rangka Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktiblin) dan diteksi dini penyalahgunaan narkoba personil Polri di Mapolres Barito Timur, Kamis (17/10) pagi.

Sidak dipimpin Kepala Subbid Provos Bid Propam Polda Kalteng AKBP Pujo Sulistiadi didampingi sembilan personilnya.

Pujo mengatakan, pemeriksaan personil meliputi Gampol (Seragam kepolisian), Identitas diri dan sikap tampang serta tes urin.

Hasil dari Gaktiblin di Polres Bartim ini, dapat disimpulkan secara garis besar personil sudah baik hanya ditemukan pelanggaran ringan seperti sikap tampang, tapi tidak menemukan pelanggaran berat. Hasil tes urinenya juga tidak terendikasi Narkoba.

“Kalau personil dan lingkungannya tidak tertib berarti fungsi pembinaannya yang lemah. Namun dari hasil pemeriksaan secara umum personil sudah baik,” ucapnya.

Ia memaparakan, ini adalah arahan dari pimpinan agar selalu rutin melaksanaknya. Jadi tidak ada hentinya hentinya pihaknya melaksanakan kegiatan sepeti ini.

“Jadi sesuai komitmen dari pimpinan bahwa apabila ada ditemukan anggota yang coba – coba dengan bermain narkotika atau obat obatan terlarang maka bisa buktikan nanti, sangsinya bisa sampai pemecatan tidak hormat,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy mengatakan bahwa dirinya berkomitmen terhadap disiplin anggota, salah satunya adalah bagaimana menurunkan tim dari Polda untuk mengecek Polres Bartim.

Selain mengecek registrasi keanggotaan KTA, SIM dan KTP serta kerapian para anggota polri juga turut diperiksa.

Selain itu, sikap tampang penggunaan seragam sekaligus tes urine juga sudah dilakukan tim dari Polda Kalteng.

Dari pantauan Metro7, sebanyak 133 anggota yang apel, ada beberapa anggota yang sikap tampang dirapikan.

Sementara hasil dari tes urine dari 133 anggota dinyatakan semuanya positif tidak menggunakan narkotika.

“Alhamdulillah semuanya positif tidak menggunakan narkoba. Kita tidak ada yang ditutupi, karena memang Polres Barito Bartim sangat komitmen, Termasuk saya juga tadi di ambil urinenya untuk buktikan bahwasanya kita sudah tidak ada yang seperti itu. Kalaupun ada oknum kita, maka akan ditindak tegas,” pungkasnya (metro7/budi).