TAMIANG LAYANG- Ada sekitar ratusan orang tenaga honorer yang tergabung diseluruh instansi Pemerintah Kabupaten Barito Timur, harus dievaluasi ulang atau tenaga honorer yang ada, akan di istirahatkan selama satu bulan Januari 2015 ini, karena itu pemerintah harus mulai melakukan penataan dan penertipan agar lebih baik serta lebih teratur dan disiplin sesuai dengan kebutuhannya.
Bupati Barito Timur, Ampera. A.Y Mebas ketika ditemui Metro7 mengatakan, kebijakan untuk pengurangan tenaga honorer ini dalam rangka menyesuaikan struktur organisasi teknis (SOTK), hal ini pun baru mulai diterapkan dilingkup pemerintahan Bartim.
“Karena pegawai honorer yang akan dievaluasi saat ini, berupa tenaga honorer bantu dan administrasi tidak untuk peruntukan tenaga honorer teknis, yaitu seperti tenaga pendidikan, kesehatan, cleneng servis,  penjaga malam, pemadam kebakaran serta petugas kebersihan dan sopir, tenaga honorer yang ada saat ini akan kita evaluasi kembali dan sisesuaikan dengan kebutuhan SKPD masing-masing melalui tim verifikasi yang sudah dibentuk untuk mengkordinir,”ungkap Ampera.
 Masih menurut Ampera, bagi tenaga honorer yang masuk dalam evaluasi hingga SK barunya diterbitkan pada awal februari nanti, akan diminta kembali untuk melakukan perlengkapan data kembali, baik itu dari kartu tanda penduduk (KTP) maupun pendidikan terakhirnya, semua itu kita lakukan agar pemerintah dapat menyesuaikan regulasi kerja dan penyesuai para tenaga honorer yang ada selama ini, jelasnya. (Ali/Rul/Metro7)