TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Barito Timur (Bartim) mengutuk dan mengecam keras aksi penembakan yang menyebabkan Pemimpin Redaksi (Pemred) media online lassernewstoday Marasalem Harahap meninggal dunia di Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara.

Ketua IWO Bartim, Elsa Susanti Melalui Ketua Harian Yopan C Piay, menegaskan sangat mengutuk dan mengecam keras aksi biadab yang dilakukan pelaku terhadap korban yang meninggal dengan luka tembak.

“Profesi wartawan sangat mulia dan memiliki peran penting sebagai pilar demokrasi ke-empat. Wartawan itu dalam tugas peliputannya dilindungi oleh Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, wartawan adalah bukan penjahat yang seenaknya pelaku menembak mati korban Marasalem Harahap,” tegas Yovan, Senin 21 Juni 2021.

Menurutnya,  jika ada yang salah dalam pemberitaan dari korban dapat melayangkan hak jawab ke media yang dikelola oleh korban.

“Bila ada yang keberatan atas pemberitaan yang dilakukan oleh korban, harusnya yang diberitakan itu melayangkan hak jawabnya ke media online yang dikelola korban. Bukan malah menembak mati korban dengan seenaknya,” ucapnya.

Untuk itu,kami meminta pihak kepolisian agar dapat segera mengungkap kasus biadab ini dan dapat menyeret pelakunya ke persidangan.

“Saya atas nama pribadi dan Iwo Bartim mengucapkan turut prihatin dan berbelasungkawa. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ucapnya.

Yovan yang merupakan wartawan media online Baritoraya post juga  meminta aparat kepolisian agar segera mengungkap kasus penembakan mati terhadap rekan seprofesinya tersebut. ***