Tamiang Layang — Sejak diresmikan pada bulan Juli 2013 lalu, Pasar Semimodern Temanggoeng Djaja Karti belum juga dioperasikan. Akibatnya, para pedagang yang akan menempatinya kebingungan karena belum mendapat pemberitahuan tentang pembagian los pasar tersebut.
Menurut Sekda Bartim, Ir Eskop, pasar tersebut masih dalam proses pemeliharaan dan belum diserahkan kepada pemerintah daerah. “Saat ini masih dalam tahap pemeliharaan dari pihak ketiga sampai tanggal 26 Desember,” katanya baru-baru tadi.
Dijelaskannya, saat ini sedang dibentuk tim untuk pembagian los pasar. Para pedagang nantinya akan dibagi berdasarkan jenis barang dagangannya, sehingga lebih terkoordinir. “Saat ini sedang dilakukan pembagian los pasar untuk para pedagang oleh tim yang kami bentuk. Sehingga para pedagang nantinya dapat ditempatkan sesuai dengan pos mereka,” paparnya.
Eskop meminta para pedagang tidak usah khawatir tak kebagian los pasar. Ia berjanji, apabila ada pedagang yang tidak kebagian los, akan diusahakan untuk mendapat tempat di samping pasar tersebut yang saat ini masih dalam proses renovasi. “Pedagang diminta jangan khawatir tidak mendapat tempat. Apabila kurang tempat, pedagang yang tidak kebagian akan ditempatkan di samping pasar yang saat ini masih dalam tahap pembaruan,” pungkasnya.
Rencananya, pasar tersebut akan mulai beroperasi pada bulan Januari 2014 mendatang. Untuk sementara Pemerintah Kabupaten Bartim masih menyusun pembagian los pasar kepada para pedagang. (Metro7/MJ/Sgt)