KUALAKAPUAS, metro7.co.id – Dinas PUPR Kabupaten Kapuas menebang pohon rawan tumbang untuk mengantisipasi hujan disertai angin kencang belakangan ini.

“Kami hari ini menebang pohon sengon di halaman kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang usianya sudah tua dan keropos,” kata Teras, Kadis PUPR Kapuas, bersama petugas pertamanan dinas PUPR Kabupaten Kapuas, Sabtu (10/4/2021).

Penebangan pohon sengon itu dilakukan dengan hati-hati karena batang pohon sudah keropos dimakan usia. Penebangan pohon berjalan lancar dengan menggunakan tambang, gergaji mesin dan ditarik menggunakan truk dinas PUPR.

Lokasi pohon rawan tumbang tersebut berada di tepi jalan dan disamping halaman kantor PWI.

Kadis PUPR menganggap pohon itu rawan tumbang jika terjadi hujan disertai angin kencang sehingga berbahaya bagi warga sekitar.

Teras ST MT mengatakan sebenarnya pohon di tepi jalan di yang berusia tua dan rawan tumbang saat terjadi hujan dan angin kencang. Misalnya pohon sengon di jalan maluku depan kantor PWI kapuas yang roboh belum lama ini.

Dalam kejadian pohon tumbang itu pernah memakan korban. “Kami yakin jika pohon sengon itu menimpa kendaraan dipastikan membahayakan,” katanya.

Kadis PUPR Kapuas menyampaikan peringatan kewaspadaan terhadap angin kencang disertai hujan, karena wilayah setempat merupakan kawasan terdapat hutan konservasi di Taman Nasional.

“Kami minta warga dapat meningkatkan waspada agar tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada musim hujan ini petugas dari Dinas PU kabupaten Kapuas siap melakukan penebangan pohon rawan tumbang jika ada permintaan masyarakat guna mengurangi risiko kebencanaan.[]