KAPUAS, metro7.co.id – Kebakaran di Desa Mambulau, Kecamatan Bataguh, Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (10/2/2021) siang, menghanguskan satu rumah dan empat buah mobil.

Dugaan sementara, api berasal dari salah satu mobil yang diparkir pada garasi yang memang diperuntukkan bagi warga yang tidak memiliki halaman untuk parkir.

Kepala Desa Mambulau, Alfian Noor, mengatakan, warga sontak panik dengan munculnya api dari sebuah mobil yang diparkir di garasi di samping rumah H Sahidi itu.

Api berkobar sangat cepat sehingga membakar isi garasi beserta empat buah mobil yang berada di dalamnya. Rumah milik Sahidi (37), warga Desa Mambulau Rt 01 Kecamatan Bataguh pun turut dilalap api.

“Api cepat menjalar dan membakar rumah yang berada di samping garasi. Akibatnya satu buah rumah dan empat buah mobil terbakar,” ucap Alfian, Rabu (10/2/2021).

Alfian juga menyampaikan, beruntung api dapat dipadamkan karena berkat kesigapan dari Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) milik desa dan dibantu dari kota Kuala Kapuas sehingga api berhasil dipadamkan.

“Berkat kesigapan dari BPK yang berada di Desa maupun dari Kota Kuala Kapuas api berhasil dipadamkan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah, kalau penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan.

Untuk 4 unit mobil yang terbakar yaitu Suzuki Carry warna Biru No. Pol: DA 8615 LF milik H.Ulfi, Daihatsu Xenia warna Silver No.Pol DA 1684 CF milik Sukiran, Daihatsu Grand Max warna Silver No.Pol G 8645 EZ pemilik Saidi dan Suzuki Carry warna Biru No.Pol: DA 9116 CB pemilik Yuli.

“Mobil tersebut diparkir di samping rumah Ibu Yuli karena tidak memiliki lahan untuk dibuat garasi,”tutupnya.