TAMIANG LAYANG – Masyarakat Desa Kupang Bersih Kabupaten Barito Timur patut bersyukur memiliki Kepala Desa (Kades) seperti H Alpiansyah.

Bagaimana tidak, lelaki yang dikenal sebagai sosok ringan tangan ini selalu berbaur dengan masyarakat didalam berbagai hal.

Apabila ada acara perkawinan maupun acara yang lainya, ia selalu hadir untuk membantu. Juga sesibuk apapun, dirinya selalu menyempatkan diri untuk datang dan membantu tenaga maupun materil.

Sosok H Alpiansyah adalah lelaki yang tidak canggung dalam bergaul kepada masyarakat. Baik itu kepada kaum milenial maupun orang tua, miskin maupun kaya tidak membedakan. Ia jua selalu menghormati orang tua dan menghargai pemuda.

“Sebagai asli warga Kupang Bersih saya sangat beruntung mempunyai kades seperti pak H Alpiansyah, beliau adalah sosok yang baik dan ramah,” ujar Ibnu warga Kupang Bersih.

Selain ramah, lanjut Ibnu, beliau juga sosok seorang yang Visioner. Melalui gagasannya, Desa Kupang Bersih semakin beranjak maju setiap tahunya.

Perekonomian masyarakat di Desa Kupang Bersih pun mulai membaik dari sebelumnya. Sarana prasarana untuk meningkatkan hasil perkebunan maupun pertanian sudah dibangun melalui anggaran dana desa maupun alokasi dana desa.

Sejak Alpiansyah menjabat sebagai kades, berbagai pembangunan maupun program pemberdayaan sukses ia jalankan.

“Saat ini semua RT sudah mempunyai titian usaha tani. Jadi masyarakat tidak susah lagi untuk kekebun maupun kesawah,” jelas Ibnu.

Selain itu, H Alpiansyah juga sangat memikirkan generasi penerus didesa ini. Sumber Daya Manuasia (SDM) warganya terus digenjot agar lebih mantaf lagi.

Terbukti dalam dua tahunan ini pemerintah desa setempat sudah menderikan dua buah bangunan TK Paud beserta pasilitas yang lengkap.

Dengan adanya bangunan taman kanak kanak tersebut, pemerintah desa setempat berkeyakinan dapat meningkatkan SDM sejak dini warganya.

“Dijaman seperti saat ini sangat jarang ditemui kades seperti Pak Alpiansyah. Selain orangnya pandai bergaul, beliau juga tipe lelaki yang suka memberikan nasehat yang baik kepada kami kaum milineal. Saya sebagai warga Kupang merasa berterim kasih kepada Beliau. Melalui gagasanya, desa Kami semakin maju dan berkembang diberbagi bidang,” imbuh Ibnu.

Saat dikonfirmasi hal tersebut, Kades Kupang Bersih H Alpiansyah menanggapinya dengan biasa sambil tersenyum.

“Ah biasa aja. Sebagai kepala Desa yang dipilih langsung oleh warga, ini memang sudah tugas dan amanah yang harus dijalankan sebagai kades,” ucapnya saat membantu warga memindahkan papan plang nama TK Paud, Sabtu, 15 Februari 2020, sore.

Menurut Alpiansyah, tugas sebagai kades tidak hanya di kantor desa saja, melainkan diluar juga harus melayani masyarakat.

Ia mengatakan, seharusnya mereka berterima kasih kepada pemerintah daerah maupun pusat yang mana sudah menyalurkan dana desa. Ia hanya menjalankanya saja.

“Apapun yang saya lakukan ini adalah semata mata untuk kepentingan masyarakat. Kalau masyarakat sejahtera disitulah saya merasa senang. Namun kalau sebaliknya, saya menjadi sedih,” imbuhnya. (metro7/budi).