PANGKALAN BUN, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringi Barat (Kobar) akan menjadi kabupaten pertama di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang mengelola keuangan desa secara online. 

Karena itu, para perangkat dari seluruh desa di Kobar pada Selasa (25/5/2021) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) sekaligus peluncuran aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari di Hotel Aquarius Palangkaraya. Dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah. Dengan penerapan Siskeudes ini, Kobar sekaligus menjadi pilot project bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam hal pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi online.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah menjelaskan, aplikasi Siskeudes ini bertujuan membantu meringankan beban tugas pengelolaan administrasi keuangan desa untuk penyelesaian pekerjaan dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan laporan dan pertanggungjawaban secara tepat dan informasi terkait penggunaan anggaran, salah satunya penggunaan  ADD dan Dana Desa bisa diawasi oleh masyarakat agar benar benar digunakan  untuk meningkatkan pelayanan publik di desa.

Ahmadi juga menjabarkan jika penyelenggaraan pemerintah desa tidak terpisahkan dari penyelenggaraan otonomi daerah.

“Pemerintahan desa merupakan unit terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta posisinya menjadi strategis untuk keberhasilan semua program. Karena itu, upaya memperkuat desa merupakan langkah mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” jelas Ahmadi.

Pada kesempatan itu dirinya pun menambahkan, hal ini sesuai dalam Undang-Undang Nomor  6 tahun 2014 tentang desa; desa diberikan kewenangan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri, termasuk pengelolaan keuangannya, serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

Ia pun meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti acara bimtek ini dengan keseriusan dan tanggung jawab, memanfaatkan bimtek ini dengan semaksimal mungkin.[]