TAMIANG LAYANG – Pemerintah Desa Sibung Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur menetapkan sebanyak 73  KK atau 73 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa.

“Kita sudah mendata dan memverifikasi calon penerima BLT DD secara ketat dan terukur, sehingga kami yakin tidak ada yang tidak tepat sasaran maupun tumpang tindih dari bansos yang lainya,” ujar Kepala Desa Sibung, Reholelu, Selasa 9 Juni 2020.

Dirinya mengungkapkan, total jumlah KK di Desa Sibung berjumlah 353 KK. Dari 353 KK tersebut, sebagian sudah terdata untuk mendapatkan BLT Provinsi dan BST Kemensos.

“Dari total 353 KK, 73 KK masuk di BLT Dana Desa, sedangkan sisanya ada yang di BLT Provinsi, BST Kemensos, BPNT, PKH dan sebagian lagi tidak memenuhi kreterial seperti Anggota BPD, Perangkat Desa, PNS, Warga Sudah Mampu dan sebagainya,” ucapnya.

Saat ini, pencairan atau penyaluran dana BLT DD kepada tiap tiap KPM masih dalam proses pembuatan rekening bank di BRI. Kalau sudah selesai, pihak bank langsung memberitahukan kepada pihak desa.

“Jadi, kalau sudah semua beres, maka penyerahan buku rekening bank kepada tiap tiap calon penerima BLTDD nanti akan disaksikan oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, pemerintah desa dan lainya,” jelasnya.

Kepala Desa Sibung berharap kepada calon penerima dana tersebut agar kiranya dapat memanfaatkan dengan sebaik baiknya.

Mengingat pemerintah membuat program tersebut bertujuan untuk membantu warga masyarakat yang kurang mampu terdampak covid-19.

“Sabar dulu ya, ini masih pembuatan rekening bank. Saya minta kalau dah cair, gunakanlah untuk kebutuhan sehari hari, sehingga dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga disaat pandemi Corona,” pungkasnya. (metro7/budi).

Reporter : Budi Irawan / Barito Timur – Kalimantan Tengah.