LOMBOK TIMUR – Ditemui oleh Metro 7.co.id Kepala Desa Menceh, Idrus mengatakan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD tahap pertama  bagi masyarakat desa yang terdampak Covid-19 mulai disalurkan.

 

Salah satunya Pemerintah Desa Menceh Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur. BLT Dana Desa tersebut menyasar 353 Kepala Keluarga nominal uangnya berjumlah Rp 211 juta.

 

Kepala Desa Menceh Kecamatan Sakra Timur, Idrus mengatakan setiap Keluarga Penerima manfaat (KPM) mendapat BLT-DD senilai Rp 600.000 dana tunai tersebut dikucurkan selama tiga bulan.

 

“Hari ini kita mulai salurkan, penerima manfaat disasar adalah hasil dari pendataan relawan desa yang sebelumnya telah dimusyawarahkan melalui musdes,” katanya, Rabu (20/5).

 

Ia menegaskan bahwa masyarakat yang berhak mendapatkan BLT DD harus memiliki beberapa kriteria. Seperti kehilangan mata pencaharian, punya penyakit menahun/kronis, jompo, perempuan kepala keluarga kurang mampu, belum terdata sama sekali mendapatkan BLT-DD, tidak mendapatkan JPS Gemilang Provinsi  atau  Bansos Kabupaten dan  belum masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

 

Pihaknya juga mengimbau agar proses penyaluran BLT bisa berjalan kondusif dan tetap sesuai dengan imbauan pemerintah tentang pencegahan Covid-19. Sehingga masing-masing Dusun dijadwalkan pembagiannya.

 

“Proses penyaluran BLT desa ke masyarakat harus tetap mematuhi protokol Covid-19 menghindari kerumunan dan warga penerima wajib memakai masker serta tetap dalam pantauan instansi terkait agar berjalan dengan baik dan semua elemen kita libatkan,” jelasnya.

 

Ia menjelaskan, terkait masyarakat yang belum terkaper sebanyak 157 kk dan semuanya berasal dari kk baru dan kemarin sudah diusulkan dan diharap mereka bisa dapat. 

 

“Semua yang diusulkan sudah masuk dan kita menunggu bantuan itu turun. Dan bila turun pasti semua warga akan mendapat bantuan. Kita hindari jangan ada yang dobel dan jangan sampai ada yang tidak dapat bantuan,” pungkasnya.

 

Masalah data ini, katanya memberikan ketegasan kepada Kawil – kawil untuk mendata warga yang belum dapat, kalau tidak begitu maka ada konsekuensinya. 

 

“Perhatian dari Kawil ini untuk benar -benar menyasar warga agar semua warga itu bisa dapat bantuan,” tandasnya.

 

Salah seorang warga penerima BLT DD Inaq Mustamin dari Dusun Selayar merasa  bersyukur dengan  cairnya bantuan tersebut yang sangat bermanfaat pada momen jelang lebaran seperti ini.

 

“Sangat bersyukur dan terbantukan dengan pembagian BLT ini lebih-lebih menjelang lebaran, sehingga ada yang kita pakai memenuhi kebutuhan,” ungkapnya.

 

Turut hadir pada pembagian dan penerimaan BLT tersebut Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta bebera anggota dan kepala wilayah masing-masing dusun guna memastikan penyaluran tepat sasaran, aman dan kondusif. (metro7/s).