Tamiang Layang — Pancani Gandrung SH adalah salah satu wanita yang sederhana dan memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat sekitar. Sebagai Calon Bupati Bartim pada Periode 2013 – 2018 tentu dirinya sangat sibuk. Tetapi wanita cantik ini tetap bisa menyempatkan waktu untuk turun langsung ke pasar penampungan sementara yang terletak di Jalan Nansarunai Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur Senin (25/2).
Panas terik matahari bagi dirinya tidak terlalu menjadi masalah karena turun langsung ke pasar merupakan pekerjaan seorang ibu rumah tangga, Di sana ia bisa langsung bersentuhan dengan para pedagang guna menyerap aspirasi masyarakat.
“Sehingga kita secara tidak langsung dapat melihat kehidupan para pedagang pasar. Maka dengan kita berbelanja kepada para pedagang untuk kebutuhan di rumah, kita pun bisa melihat apa yang perlu kita benahi dan kita kembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kenyamanan para pedagang karena pasar merupakan roda perekonomian bagi masyarakat sedangkan pasar tersebut kalau diperhatikan oleh Pemerintah Daerah-nya bisa menggalli pendapatan asli daerah (PAD), sehingga dari pendapatan tersebut kita bisa untuk membangun daerah kita agar bisa lebih berkembang dan masyarakat bisa menikmati dari hasil pembangunan tersebut,”.ungkap Pancani.
Wanita yang dekat dengan masyarakat ini ketika ditemui Metro7 saat dia berbelanja di Pasar penampungan sementara Tamiang Layang mengatakan dia sangat prihatin dengan keadaan pasar penampungan ini. Ia menilai banyak pedagang tidak mempunyai lapak yang layak untuk berjualan. Maka dari itu dengan dibangunnya pasar semi modern oleh pemerintah dan pasar tersebut masih tahap penyelesaian oleh pihak kontraktor. “Sehingga kita harapkan kalau sudah ditempati nantinya para pedagang bisa mendapatkan lapak yang layak untuk berjualan agar tidak ada lagi para pedagang yang berjualan di badan jalan karena itu sangat mengganggu keindahan pasar dan kemacetan lalu lintas. Maka dari itu dia berjanji kalau dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Kabupaten Bartim pada lima tahun mendatang dia bersama dengan Drs H Zain Alkim siap melanjutkan pembangunan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera secara ekonomi dan non ekonomi,” ungkapnya.
Beberapa para pedagang Pasar Tamiang Layang mengatakan sangat bangga dan senang terhadap sosok Pancani Gandrung karena dinilai mampu membangu Kabupaten Bartim. “Walaupun dia seorang wanita tapi semangatnya untuk mengabdi dan membangun Kabupaten Bartim sangat besar. Kami pun mendukung ibu Pancani maju di Pilkada ini dengan Bapak Zain Alkim karena kami menilai selama 10 tahun berjalan banyak pembangunan yang sudah terbangun dan dirasakan oleh masyarakat Bartim. Salah satunya pembangunan pasar semi moderen yang pada saat ini masih diselesaikan. Maka dari itu kami berharap kepada mereka berdua nantinya agar benar-benar memperhatikan nasib kami para pedagang agar bisa mendapatkan tempat yang layak untuk berjualan dan bisa memberikan terobosan agar para pedagang bisa mendapatkan modal yang layak dan meningkatkan jualan dagangannya,” kata salah seorang pedagang. (Metro7/Ali/Fauzi)