TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Pemerintah Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur mulai  melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa diwilayah setempat.

Kegiatan yang di Monev merupakan pembangunan tahap 1 dan II menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

Plt Camat Paju Epat Welly Ananda menyebutkan bahwa sampai saat ini pihaknya sudah melakukan Monev ke 5 desa dari 9 desa yyang ada diwilayah Paju Epat.

“Sampai saat ini sudah 5 desa, yakni Desa Maipe, Balawa, Siong, Murutuwu dan Desa Tampu Langit,” ujar Camat saat dibincangi dikantornya, Rabu (13/10/2021).

Sementara Desa Telang, Juru Banu dan Desa Telang Baru masih belum.” Kalau Desa Kalinapu rencana hari ini kita lakukan Monev sekaligus Musdes,” katanya.

Camat mengatakan, Monev dilakukan bertujuan untuk  mengecek secara langsung pembangunan fisik dan memeriksa tertib administrasi yang dilaksanakan aparat desa.

Menurutnya, Monev  tersebut merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi Kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Tujuan monev kepada masing-masing desa terkait pelaksanaan pembangunan di desa yang menggunakan dana desa, agar tidak terjadi penyimpangan. Selain itu Monev juga salah satu syarat untuk pencairan dana selanjutnya,” ungkapnya.

Dijelaskanya, pengawasan dan pembinaan kepada pemerintah desa tak hanya dilakukan saat Monev saja, melain selalu rutin dilakukan.

“Kita harap Kades maupun perangkat desa melaksanakan kegiatan melalui dana desa dan add  sesuai dengan RAPnya, kegiatanya juga dilaksanakan sebaik mungkin, baik itu pelaporannya, pajaknya, fisiknya juga harus dikerjakan dengan kualitas yang bagus, sehingga aman bagi Pemdes dan pembangunanya juga bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.***