TAMIANG LAYANG – Pemerintah Desa Ramania Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur mengalokasikan sebagian dana desa tahun 2020 untuk peternakan ayam petelur.

Kepala Desa Ramania Harmansyah mengatakan bahwa anggaran untuk peternakan ayam petelur tesebut melalui anggaran dana desa sebesar Rp. 102 juta .

“Dana Rp. 102 juta tersebut digunakan untuk membuat kandang, membeli bibit ayam petelur, pakan dan lain lain,” ujarnya, Kamis 14 Mei 2020.

Kades mengatakan, terkait mekanisme pengelolaan peternakan ayam petelur tersebut kedepanya saat ini masih belum tahu.

“Sistemnya masih belum tahu, karena kita belum melakukan rapat. Tapi ada masyarakat meminta semua warga yang mengelola dan ada juga yang mengusulkan per KK. Namun kalau dari kami pemerintah desa mengharapkan agar karang taruna yang mengelolanya. Tapi tergantung hasil rapat nanti didesa, baiknya seperti apa,” jelasnya.

Kepala Desa yang ramah ini berharap agar program pemberdayaan dibidang peternakan ayam petelur ini nanti bisa berhasil dan berkembang.

“Ini adalah sebagai contoh. Nanti kalau berhasil dan berkembang, kita akan anggarkan lagi melalui dana desa,” imbuhnya. (metro7/budi)