TAMIANG LAYANG- Pancaroba ini rentan dengan dengan adanya penderita penyakit insfeksi Saluran Pernapasan Akut ( ISPA). Dimana, hal ini dikarenakan asap yang muncul akibat terjadinya pembakaran lahan. Selain rentan dengan adanya penderita ISPA, musim kemarau juga rentan dengan adanya penderita diare, yang diakibatkan sulitnya bagi masyarakat untuk mendapatkan air yang bagus untuk dikonsumsi pada saat memasuki musim kemarau, sehingga menimbulkan adanya penderita Diare.
Kepala UPT Puskesmas Bentot, dr Denny ,mengatakan, untuk pasien penderita ISPA pada tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan di banding dari tahun- tahun sebelumnya. Dimana dari awal  Agustus hingga September untuk pasien penderita ISPA yang di tangani puskesmas bentot sebanyak 224 penderita.
Selain penyakit ISPA, untuk Pasien penderita Diare juga meningkat dari tahun tahun sebelumnya. Yaitu terhitung sejak bulan agustus hingga bulan september, sudah ada 98 pasien penderita Diare yang di tangani Puskesmas Bentot.
Namun tambahnya, baik Pasien penderita ISPA maupun pasien penderita Diare ,hingga saat ini masih bisa di tangani oleh pihak Puskesmas bentot.
Denny menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar dapat menjaga kesehatan dengan cara mengurangi aktivitas diluar apabila tidak penting, terlebih bagi anak-anak ,agar mengurangi bermain diluar rumah. Dan diingatkannya gunakan masker jika ingin beraktivitas diluar rumah, agar terhindar dari dampak penyakit yang di timbulkan bencana asap dan yang penting juga konsumsi Vitamin, karena warga yang terserang rentan menambah penyakit sebelumnya. Sehingga, di khawatirkan akan berakibat patal bagi penderita yang keseringan menghirup asap.(metro7/ali/arul)