TAMIANG LAYANG – Selain menangani pasien inpeksi saluran pernapasan akut (ISPA), maka pada akhir – akhir ini Puskesmas Bentot  Kecamatan Patangkep Tutui, mulai kedatangan pasien yang terserang penyakit Diare, akibat perubahan musim.
Kepala puskesmas Bentot. Denny Henrigo, saat ditemui Metro7 belum lama ini mengatakan, akibat perubahan musim, warga Patangkep tutui mulai terserang penyakit Diare, padahal untuk penyakit diare ini masih belum saat nya, tetapi pasien yang terserang penyakit diare semakin bertambah.
“Penyerangan Penyakit Diare ini, selain pada perubahan musim bisa juga di akibatkan dari masyarakat yang mengkonsumsi air mentah, padahal seharusnya sebelum air dikonsumsi terlebih dulu air harus direbus, agar bakteri dan kuman yang ada di air tersebut, bisa hilang dan air aman untuk dikonsumsi,”ujar Denny.
Denny juga menambahkan, padahal selama ini, kebanyakan masyarakat yang ada di Bentot ini, masih banyak yang mengkonsumsi air sungai, padahal air sungai sangat berbahaya kalu tidak dimasak terlebih dulu, apalagi air sungai tersebut ada yang tercemar, sangat berpengaruh sekali dengan kesehatan tubuh manusia, yaitu mudah  terkena diare terutama nya pada anak-anak, karena daya tahan tubuh anak-anak masih lemah, sehingga sangat cepat terserang penyakit.
Masih kata Denny, yang namanya penyakit Diare adalah penyakit yang dapat menular, bisa melalui air yang dikonsumsi atau air sungai, sehingga melalui air sungai yang digunakan.  “Maka mereka yang mengkonsumsinya akan mudah tertular dari penderita diare lainya, jika mereka juga menggunakan air sungai yang sama,” jelasnya.
Maka dari itu Denny menghimbau, kepada warga masyarakat agar jangan sembarangan mengkonsumsi air yang belum dimasak apalagi air tersebut air sungai, sebaiknya sebelum kita mengkonsumsi air terlebih dulu harus dimasak. “Agar kita terhindar dari penyakit dan kuman yang ada didalam air, sehingga kita lebih aman dan terhindar dari penyakit,” pungkasnya. (Ali/Rul/Metro7)