TAMIANG LAYANG – Hasil temuan salah satu warga Desa Ampari Bura kecamatan Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur (Bartim) Andreas Trimolianto setelah mendapatkan ilham dari leluhur yang dipercayainya bahwa obat herbal temuannya dapat mencegah bahkan menyembuhkan Coronavirus Desease (Covid – 19).

Dugaan tersebut juga diyakini oleh beberapa tokoh, yakni Kepala Dusun Ampari Bura Dalam, Hengki, Gangga. HS, selaku Sekretaris Desa, Ihun T. Ginta selaku penghulu adat desa, dan Nael selaku Mantir adat yang mempercayakan atas temuan Andreas.

Bahkan penemuan tersebut ditanggapi oleh Bupati Bartim, Ampera A Y Mebas yang menyarankan untuk berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Bartim, dr. Simon Biring yang juga akan menindaklanjuti penemuan obat herbal tersebut untuk mencoba ke Palangka Raya pada Pasien yang terpapar virus Corona.

Tidak Hanya itu, dukungan penuh dan keseriusan Wakil ketua II DPRD Bartim, Depe yang turut berjuang memerangi Covid- 19 ini, menyambut baik dan meapresiasi atas temuan warga yang diyakini ampuh mencegah bahkan diduga dapat menyembuhkan virus corona yang tengah mewabah ini menjadi peluang dan kesempatan baik bagi masyarakat khususnya Bartim.

“Pada prinsipnya sangat apresiasi atas penemuan obat herbal tersebut, yang diyakini bisa menyembuhkan virus corona, namun perlu di kaji yang mendalam ke Laboratorium. Sampai sejauh mana fungsinya,” ucap Depe 8 Mei 2020.

Politisi dari Partai Demorat ini menyarankan agar penemu obat herbal tersebut bisa menelusuri lebih lanjut. Menurut Depe, sebelum bertindak lebih jauh lagi, penemu (Andreas) harus koordinasi dengan leding sektornya ataupun yang terkait dalam hal ini, lanjutnya.

“Mudahan betul dan bermanfaat bagi org banyak. Kami sebagai lembaga sangat mendukung hal tersebut, dan kalau memerlukan anggaran, siap membantu dalam APBD perubahan 2020. Yang penting jelas dan transparan,” terang Depe.

Pria yang juga selaku penerima aspirasi rakyat dan memperjuangkan guna kesejahteran secara merata ini berharap, agar situasi yang sedang menghawatirkan dan dapat terdampak pada siapapun, lebih cepat ditemukan solusi untuk mengakhiri wabah Covid- 19 ini, pungkasnya. (metro7/budi).