TAMIANG LAYANG – Polres Bartim Polda Kalteng gelar apel pasukan Operasi Zebra Telabang tahun 2019 di halaman Mapolres setempat, Rabu 23 Oktober 2019.

Dalam apel tersebut pihaknya mengambil tema “meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltiblancarlantas”.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy. Sedangkan Kasat lantas Iptu Sugeng jadi komandan apel.

Zulham mengatakan, Operasi Zebra Telabang 2019 dimulai pada tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019.

“Operasi Zebra Telabang ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas di Bartim,” ujar Zulham.

Ia mengungkapkan, ada sejumlah prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi. Yakni pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang.

Selain itu, pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi menggunakan narkoba atau mabuk serta mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Menurutnya, dengan dilakukan penegakan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut maka pelaksaaan operasi zebra tersebut diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

Selain itu, kita juga akan meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepercayaan kepada Polri dengan terciptanya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas,” pungkas Zulham. (metro7/budi).