KOTABARU, metro7.co.id – Festival Kreatif Kuliner digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disaparpora) Kabupaten Kotabaru berlangsung dari 3 – 5 Mei di objek wisata Siring Laut, dibuka secara resmi oleh Ketua PKK, Kotabaru, Jumat malam (3/5).

Hadir dalam festival ini Bupati Sayed Jafar, forkopimda, kepala SKPD lingkup Pemda Kotabaru.

Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana Sayed Jafar mengapresiasi adanya kegiatan festival kreatif kuliner ini yang merupakan ajang promosi produk- produk makanan khas Kotabaru.

“Kita harapkan nantinya bisa mengangkat makanan khas dan menggali potensi masyarakat untuk berinovasi dalam perkembangan masakan khas kotabaru,” kata Fatma.

Selain itu juga mengharapkan kegiatan ini, bisa membangkitkan gairah dalam dunia usaha, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kotabaru.

Kepala Disparpora Kotabaru, Sonny Tua Halomoan menyampaikan festival ini adalah salah satu upaya Pemkab Kotabaru untuk memajukan pariwisata dalam bidang kuliner.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kehadirannya di malam acara pembukaan Festival Kreatif Kuliner, dan kami juga mengapresiasi keikut sertaan masyarakat, UMKM serta seluruh yang ikut andil dalam meramaikan kegiatan ini,” ungkap Sony.

Ia menjelaskan dalam festival ini diadakan lomba -lomba seperti lomba Menu Kreatif Kuliner, Masak SKPD dan Instansi berbahan dasar Singkong, Bazar Produk Kreatif Kuliner antar kecamatan, Bincang Kreatif Kuliner, Mocktail Kreatif Show, Bazar Kuliner Kreatif, Zona Kopi dan Live Akustik.

“Tujuan diadakan kegiatan ini untuk mencari produk unggulan Kotabaru, sehingga kita bisa membrandingnya,” kata Sony.

Terakhir Sony mengajak masyarakat Kotabaru maupun Kalsel untuk berdatangan ke Kotabaru melihat stand- stand kuliner khas Kotabaru sambil menikmati udara nyamannya Siring Laut Kotabaru.

Festival ini mendatangkan bintang tamu Chef Brian Wicaksono Runner Up Master Chef Indonesia Season 3. Malam puncaknya Sabtu malam, akan dimeriahkan penyanyi jebolan X Factor, Fatin Shidqia Lubis. ***