Rini Iriani .SPd
Kepsek SMKN 2  Tamiang Layang

TAMIANG LAYANG — Tahun ini prestasi siswa SMAN 1 Tamiang Layang sangat menggembirakan, seluruh siswanya yang mengikuti Ujian Nasional (UN) dinyatakan lulus 100 %. Kepastian itu diumumkan secara nasional, Sabtu (26/5/2012) lalu.
Kepala Sekolah SMAN 1 Tamiang Layang, Khoirul Anam SPd ketika ditemui Metro7 di ruang kerjanya mengatakan, seluruh siswanya yang berjumlah 133 orang dinyatakan lulus 100 %.
“Tahun 2011 lalu tingkat kelulusan hanya mencapai 99.9 %. Jadi tahun ini sangat memuaskan dan menggembirakan bagi sekolah maupun siswa,” ujarnya.
Keberhasilan itu menurut Khoirul Anam harus terus dibarengi dengan usaha peningkatan mutu dan nilai yang baik. Nilai terendah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 1,8 dan Sosiologi 1,6.
Sedangkan siswa dengan angka kelulusan terbaik diraih Debby Aulia Firdaus dengan nilai rata-rata 8,6.
Pria yang akrab dengan wartawan ini menambahkan bahwa penerimaan murid baru rencananya akan dilaksanakan akhir Juni 2012 mendatang.
“Dari hasil penerimaan murid tahun lalu, yaitu untuk kelas X, tercatat sampai 3 kelas yang memiliki kemampuan yang sangat minim dengan minat belajar yang rendah sekali. Sehingga pada tahun ini kita akan mengadakan karantina dulu khusus untuk anak yang mempunyai kemampuan rendah selama 1 sampai 2 bulan,” imbuh Anam.
Tujuannya agar siswa tersebut bisa menyesuaikan diri dengan teman-temannya yang lain. Anam menduga kurangnya kemampuan siswa itu sebagai akumulasi dari ketidakberdayaan siswa sejak SD sampai SMP. Sehingga begitu masuk SMA dengan materi yang notabene lebih tinggi, akhirnya siswa malas dan tidak semangat untuk belajar.
 “Target penerimaan siswa tahun ajaran 2012 ini 160 orang dengan asumsi masing-masing kelas diisi 30 siswa. Kalau pun kurang dari itu, kami pikir malah lebih baik lagi, karena guru yang memberikan pelajaran tidak sulit dan siswa pun akan dapat menerima pelajaran dengan lebih mudah,” kata Anam sambil menyebutkan bahwa jurusan yang diminati siswa adalah IPA.
Terpisah, Kepala SMKN 2 Tamiang Layang, Rini Iriani SPd mengatakan, dari 164 siswa di sekolahnya yang mengikuti UN, tingkat kelulusannya juta mencapai 100 %, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 92,8 %.
 “Kami akan membuka pendaftaran kembali dari tanggal 2 sampai 7 Juni 2012. Quota kita sekitar 200 siswa dengan 4 jurusan, yaitu Teknik Bangunan, Teknik Komputer, Admistrasi Perkantoran dan Keuangan. Selama ini yang jadi favorit adalah jurusan Teknik Komputer, sementara kami masih kekurangan guru untuk jurusan itu. Sementara hanya ada 2, idealnya ada 5 orang guru Komputer,” ujar Rini.
Terkait masalah itu, pihak sekolah sudah mengajukan penambahan guru Komputer ke BKD.
“Mudah-mudahan tahun ini bisa dikabulkan. Harapan kita ke depan dengan prestasi kelulusan yang telah dicapai SMKN 2 Tamiang Layang ini, dapat lebih memotifikasi para guru untuk bisa mempertahankannya dan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi,” tutup Rini. Metro7/Ali