Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas
Pertanian, Peternakan dan Perikanan Bartim
Ir Sugiarto M Soewarno bersama dengan Poktan
saat melihat kebun beberapa waktu lalu.

   TAMIANG LAYANG- Pembinaan Kelompok Tani terus dilakukan oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bartim terhadap Petani Bawang Merah Organik. Pembinaan ini bertujuan untuk ramah lingkungan, menghindari penggunaan bahan- bahan kimia yang lewat batas, dan mengganggu kesehatan yang bisa merusak bahan- bahan tanaman lainya.
  Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan Bartim melalui koordinator POPT Kabupaten Bartim Yeferson mengatakan, pembinaan kelompok tani ini merupakan agenda yang selalu dilakukan. Pembinaan kelompok tani ini agar memberikan motivasi kepada para kelompok supaya menggunakan pupuk organik dalam pengelolaan perkebunanya, khususnya untuk tanaman sayuran.
  Lanjutnya, pengelolaan tanaman secara organik ini sangatlah bagus. Karena bila masyarakat mau membeli kepada pedagang, lebih cendrung untuk mengkonsumsi tanaman yang pengelolaanya secara organik, dibandingkan dengan non organik.
 Hal ini, tambahnya, menjadi suatu keuntungan bagi para pedagang, karena masyarakat lebih antusias memilih sayuran yang dipelihara secara organik  di bandingkan non organik.    
  Selain itu, Ketua Poktan Lestari Bawang Merah Holtikultura di Tamiang Layang, Pramanditya mengatakan, bimbingan ini sangatlah membantu bagi pengelolaan tanaman.’’Dengan dilakukanya pembinaan ini, kami mengetahui bagaimana untuk mengelola kebun dengan baik,’’ katanya. (metro7/ali/rul).