TAMIANG LAYANG –  Tim Percepatan yang beberapa waktu lalu dibentuk Bupati Bartim, Ampera AY Mebas untuk mempercepat pembangunan di beberapa sektor di Bartim akan melakukan studi banding. Rencananya, seluruh tim dan bersama DPRD Bartim akan melakukan studi banding ke wilayah DKI Jakarta.
Ampera mengatakan setelah dilakukan studi banding, pihaknya akan segera meminta kepada Tim Percepatan Pembangunan untuk menentukan bidang maupun sektor yang memerlukan percepatan permbangunan. Setelah itu, program-program yang akan diterapkan dalam mewujudkannya diminta untuk segera dirancang.
 “Tim Percepatan Pembangunan nanti  akan studi banding ke DKI Jakarta sebagai pembelajaran dalam menentukan program kedepan,” papar Ampera, belum lama ini.
 Ampera menjelaskan, penerapan program harus tepat sasaran. Pasalnya, beberapa sektor di Bartim belum maksimal dam jika dibenahi maka akan sangat berpengaruh dalam memajukan ekonomi masyarakat.
 Sebagai contohnya, Ampera menyebutkan salah satu produk unggulan Bartim yakni Karet. Mayoritas masyarakat Bartim yang menggeluti profesi sebagai petani Karet saat ini belum dikoordinir dengan baik. Terlebih, selama ini belum banyak terdapat Koperasi yang mengakomodir hasil jual karet sehingga harga karet dipasaran tidak stabil.
 “Contoh sederhana adalah karet. Banyak petani karet mengeluh harga tidak stabil, ini yang akan menjadi PR bagi tim percepatan,” terangnya. (Metro7/MJ/Budi)