LOMBOK TIMUR – Menjelang lebaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD Tahap pertama bagi masyarakat desa yang terdampak Covid-19 mulai disalurkan. Seperti Pemerintah Desa Batu Putek Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. BLT Dana Desa sesuai dengan ADD yaitu 35 % tersebut menyasar 243 Kepala Keluarga penerima manfaat yang tersebar di semua Kewilayahan setempat.

 

Setiap Keluarga Penerima manfaat (KPM) mendapat BLT-DD senilai Rp. 600.000. Dana tunai tersebut dikucurkan selama tiga bulan, hingga Juni 2020 mendatang.

 

“Hari ini kita mulai salurkan, penerima manfaat disasar adalah hasil dari pendataan relawan desa yang sebelumnya telah dimusyawarahkan melalui musdes,” ujar Kepala Desa Batu Putek Jumadil kepada Metro 7, Kamis (21/5).

 

Ia menegaskan bahwa masyarakat yang berhak mendapatkan BLT DD harus memiliki beberapa kretiria, seperti punya penyakit menahun/kronis, jompo, kepala keluarga kurang mampu, belum terdata sama sekali mendapatkan BLT-DD. Ada juga tidak mendapatkan JPS Gemilang Provinsi, Bansos Kabupaten dan  belum masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

 

Pihaknya juga mengimbau agar proses penyaluran BLT bisa berjalan kondusif dan tetap sesuai dengan imbauan pemerintah tentang pencegahan Covid-19.  Sehingga masing-masing Dusun dijadwalakan pembagiannya.

 

“Proses penyaluran BLT desa ke masyarakat harus tetap mematuhi protokol Covid-19 menghindari kerumunan dan warga penerima wajib memakai masker serta tetap dalam pantauan instansi terkait agar berjalan dengan baik,” jelasnya.

 

Ketua BPD Batu Putek, Kecamatan Keruak, Muhammad Anom, berharap dengan masyarakat mendapat bantuan seperti ini sangat terbantu, apalagi masyarakat saat ini dalam situasi pandemi Covid-19.

 

“Program BLT DD ini sangat terbantu dan masyarakat bisa mendapatkan keringanan untuk bisa memenuhi kebutuhan menjelang lebaran,” ucapnya singkat.

 

Winda salah satu warga Dusun Batu Putek penerima BLT DD merasa  bersyukur dengan  cairnya bantuan tersebut yang sangat bermanfaat pada momen jelang lebaran seperti ini.

 

“Sangat syukur dan terbantukan dengan pembagian BLT ini lebih-lebih menjelang lebaran, sehingga ada yang kita pakai memenuhi kebutuhan,” ungkapnya.

 

Turut hadir pada pembagiandan penerimaan BLT tersebut Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta bebera  anggota dan kepala wilayah masing-masing untuk memastikan penyaluran itu tepat sasaran, aman dan kondusif. (metro7/s).