MUARA DUA – Pihak Pemerintah Desa Guntung Jaya Kecamatan Sugai Are Kabupaten OKU Selatan pada Senin (15/06) menyalurkan bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap tiga.

Kepala Desa Guntung Jaya Khairul Hamidi mengatakan, pendataan calon penerima BLT dari dana desa mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian.

Pemerintah Desa Guntung Jaya memberikan bantuan sosial kepada warga yang terdampak Covid-19 melalui program BLT dari Dana Desa adalah warga yang tidak masuk dalam program bantuan, seperti penerima Program Keluarga Harapan (PKH), tidak memperoleh Kartu Sembako dan Kartu Prakerja.

Lanjutnya, masyarakat penerima BLT-DD di Desa Guntung Jaya sebanyak 110 kepala keluarga (KK), besaran BLT adalah Rp 600.000 per bulan.

Bantuan BLT-DD di berikan selama 3 bulan dengan besaran Rp 600.000 perbulan.

“Diharapkan agar bantuan ini dapat meringankan beban hidup masyarakat serta digunakan sebaik mungkin disaat wabah Covid-19 ini,” ujarnya.

Sebelum menyalurkan bantuan tersebut pihak Pemerintah Desa telah membentuk tim pendata yang melibatkan semua unsur, selanjutnya tim bekerja melakukan pendataan dan hasilnya diverifikasi dan divalidasi secara bersama-sama untuk dibawa ke Musawarah Desa Khusus (Musdesus).

“Sekali lagi saya berharap kepada penerima manfaat agar bantuan ini dipergunakan sebaik-baiknya dan saya berharap kepada masyarakat penerima manfaat agar tetap mengikuti anjuran kesehatan dari pemerintah,” tambahnya. ***

Reporter : Kohar Muzakar / OKU Selatan – Sematera Selatan.