SULA, metro7.co.id – Menariknya tempat wisata dan kuliner di Kepulauan Sula, Maluku Utara dengan spot terbaik hingga mengait animo wisatawan mancanegara datang untuk berkunjung.

Melalui pemandu wisatawan mancanegara, Anastasya Louhenapessy mengatakan, 12 wisatawan dari 3 negara ini yakni, Germany, Inggris dan Amerika untuk mengeksplorasi wisata dan kuliner yang ada di Kepulauan Sula.

“Kita sempat mampir ke Pulau Pagama habis itu lanjut ke Sanana dan berwisata di Benteng De Verwacthing. Kemudian, kita lanjut ke Pabrik Coklat Sulamina,” kata Anastasya Louhenapessy kepada Cermat, Sabtu (11/2).

Tak hanya kuliner itu saja, kata Anastasya, ada juga halua kenari dan madu asli Kepulauan Sula yang memiliki ciri khas berbeda dari yang lainnya.

“Mereka sangat suka dan membeli banyak kuliner khas Kepulauan Sula untuk dijadikan Ole-Ole ke Negara mereka,” ujarnya.

Kuliner Khas Kepulauan Sula ini diketahui dari hasil yang dipromosikan oleh Bupati Fifian Adeningsih Mus di Eropa.

Selain itu, Dr George Beccaloni (wisatawan asal Amerika), sangat senang dan impresif atas penjemputan dan jamuan dari pelabuhan sampai ke Benteng De Verwacthing hingga ke Pabrik Sulamina.

Diakui Dr George Beccaloni, Kota Sanana di Kepulauan Sula sangat bersih dan pantainya sangat asri.

“I hope to be able to visit the Sula Islands again and have the opportunity to exploit more,” kata Dr George Beccaloni kepada Cermat sembari menikmati kuliner khas Kepulauan Sula.

Ia bilang, Coklat Sulamina pernah dicobanya di 3 tahun lalu. “It’s been a long time since I tried again, the chocolate is delicious. Because, it contains nutmeg and tomi-tomi,” tandasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Sula, Kamaludin Drakel sangat berterimakasih atas kunjungan Kapal Pesiar Ombak Putih dan para wisatawan mancanegara yang Bereksplorasi di Wisata Kepulauan Sula.

“Tak lupa pula kami ucapan terimakasih dan ini juga salah satu kehormatan bagi kami kepada Kapal Pesiar Ombak Putih yang telah beberapa kali berkunjung dengan membawa tamu yang berbeda,” pungkasnya.