ACEH UTARA, metro7.co.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Dr H Iqbal S.Ag M.Ag, melaunching Madrasah Keterampilan dan Expo MAN 1 Aceh Utara. Acara tersebut digelar di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Utara, Desa Matang Drien, kecamatan Tanah Jambo aye, kabupaten Aceh Utara, Senin (30/11/2020).

Dalam acara tersebut, MAN 1 Aceh Utara menggelar beberapa Stand, antaranya stand Tata Busana, Tata Boga, Prakarya kewirausahaan, Stand pengelasan, Stand Bisnis pemasaran, Stand Otomotif dan instalasi listrik, dan Stand Tajziz Mayor serta Stand penerbit buku Gramedia.

Dalam sambutannya, kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal S.Ag M.Ag, memberikan apresiasi kepada Kepala MAN 1 Aceh Utara, dengan Dibentuknya Madrasah Plus Keterampilan di Aceh Utara, dan terdapat empat sekolah Madrasah Aliyah di Aceh yang sudah jadi Madrasah Plus Keterampilan, di Antaranya MAN 1 Langsa, MAN 3 Banda Aceh, MAN 1 Aceh Utara, dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Seunuddon.

“Program kedepannya Kemenag Aceh Akan membentuk Madrasah Plus Keterampilan di setiap kabupaten/ kota di Aceh minimal Satu Madrasah,” kata kakanwil Kemenag Aceh, Dr H.Iqbal S.Ag M.Ag.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Aceh Utara, H.Zahiri S.Pd dalam sambutannya, menyampaikan bahwa seiring berkembangnya zaman dan teknologi semakin canggih, siswa dituntut untuk memiliki keterampilan khusus dan daya saing didunia industri. Dalam menghadapi dunia globalisasi, maka dibentuklah Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di MAN 1 Aceh Utara guna mendapatkan skill dan bisa terjun langsung dalam dunia kerja.

“Selain itu, dengan Dibentuknya Madrasah Plus Keterampilan di MAN 1 Aceh Utara nantinya Alumninya bisa trampil dan mandiri dan perpaduan antara Imtaq dan Imtek,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, kakanwil Kemenag Aceh Utara, H Salamina M.A, Wabup Aceh Utara, Fauzi Yusuf, Muspika Kecamatan Tanah Jambo aye dan Kepala Madrasah. *