LABUHANBATU, metro7.co.id – Bunda Paud Labuhanbatu mengukuhkan 100 orang relawan transisi (Serasi) dalam mensukseskan Program Merdeka Belajar Episode 24 dari transisi PAUD ke SD kembali sebagai bentuk komitmen di Aula Pendopo Rumah Dinas Bupati Labuhanbatu Kota Rantau Prapat. Kamis, (28/9/2023).

Bunda Paud Labuhanbatu dr.Maya Hasmita mengungkapkan, bahwa dibentuknya relawan Serasi ini diarahkan dalam rangka percepatan program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Labuhanbatu.

Dia menjelaskan, para relawan merupakan perpanjangan tangan Bunda PAUD yang bertugas mensosialisasikan memperkuat program transisi PAUD ke SD di seluruh Desa di Kabupaten Labuhanbatu memiliki semboyan “ika bina en pabolo” tersebut

Selain itu, dibentuknya relawan Serasi ini adalah bagian dari upaya pihaknya dalam mencapai target signifikan menaikkan angka partisipasi PAUD hingga 100 persen.

Melalui berbagai inovasi program yang dilakukan pihaknya, dia berharap tidak ada lagi anak-anak usia 5-6 tahun di Labuhanbatu yang tidak mengeyam pendidikan di tingkat PAUD. Menurutnya, bahwa pendidikan usia dini merupakan pondasi keberhasilan anak di masa depan.

“Iya, jangan ada anak-anak Labuhanbatu yang tidak mengenyam pendidikan usia dini. Bagaimana kita bisa melahirkan generasi emas di era globalisasi jika anak-anak kita tidak dibekali pendidikan sejak dini,” ujarnya.

dr. Maya Hasmita pun diakhiri pidatonya, mengajak untuk seluruh pihak agar turut bahu membahu meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan usia di Kabupaten Labuhanbatu.

“Ayo, mari kita ‘bolo’ (benahi) Labuhanbatu, dimulai dengan membolo (membenahi) pendidikan khususnya pendidikan usia dini,” tandasnya.

Sementara itu, Sekjen Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo) Abdul Firman menyatakan sebagai inovasi yang dilakukan oleh Bunda PAUD Labuhanbatu sangat menyenangkan dalam mensukseskan program transisi PAUD ke SD.

“Ini inovasi baru yang keren, dan bisa jadi yang pertama di Indonesia. Sebab sejauh ini kami belum mendengar adanya relawan transisi di daerah-daerah lain seperti yang dilakukan Bunda PAUD Labuhanbatu ini,” kata dia.

Abdul Firman berharap, 100 orang relawan Serasi yang berasal dari seluruh Desa dapat memberikan dampak positif khususnya dalam menaikkan angka partisipasi PAUD di Kabupaten Labuhanbatu.

Tampak hadir di acara itu, Kadisdik Labuhanbatu Asrol Azis Lubis yang diwakili Kabid PAUD dan PNF Rida Suryani Harahap, Ketua Pokja Bunda PAUD Labuhanbatu Nurleha Ritonga,

Kemudian, Ketua Himpaudi Labuhanbatu Munawar Nasution, para Bunda PAUD kecamatan se Labuhanbatu, tokoh agama Labuhanbatu Ustadz Kresno Broto dan Konsultan BPMP Sumut Agus Marwan. ***