BANDUNG, metro7.co.id – Senyum kebahagiaan terpancar di wajah warga Kp. Pasir Seuti RT01/17 Desa Sukawening, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, setelah sekian lama mendambakan jalan mulus di kampungnya, akhirnya terlaksana.

“Kami sangat bersyukur dan bahagia sekali dengan adanya pembangunan jalan rabat beton ini, karena jalan ini sangat lama sekali didambakan warga kami, sebagai salah satu akses penopang roda perekonomian khususnya di bidang pertanian kebun. Dan jalan ini merupakan salah satu kebutuhan warga, umumnya semua warga Desa Sukawening terutama yang memiliki kebun yang melewati jalur jalan ini” demikian dikatakan Dedi (46 thn), salah seorang Tokoh Masyarakat Kampung Pasir Seuti Desa Sukawening, Sabtu (7/8/2021)

Hal senada dikatakan Ketua RW 17 Kp. Pasir Haur Idas (50 thn), menurutnya Pemerintahan Desa Sukawening telah menjawab apa yang selama ini warga inginkan, yaitu memiliki jalan mulus yang bermanfaat bagi warganya yang mayoritas bertani di kebun.

“Ucapan terimakasih kami kepada Kepala Desa, BPD, LPMD dan TPKD serta steackholder, yang sudah menjawab apa yang selama ini kami inginkan, yaitu memiliki jalan mulus yg begitu sangat bermanfaat bagi kami juga pengguna jalan ini. Kami akan siap merawat dengan sebaik baiknya,” imbuh Idas dengan semangatnya.

Atas terlaksananya pembangunan jalan rabat beton sepanjang 432 M, Kepala Desa Sukawening Hamdani Sukmana mengatakan bahwa jalan tersebut sudah menjadi prioritas tahun ini, dengan tujuan terciptanya pemerataan pembangunan infrastruktur secara berkesinambungan di wilayah Desa Sukawening yang bersumber dari Dana Desa (APBDes) Tahun 2021.

“Semoga Jalan ini dapat memberikan manfaat kepada Warga Kampung Pasir Seuti RW 17, juga kepada seluruh pengguna jalan sebagai pemanfaat. Sehingga dapat memudahkan akses menuju perkebunan, baik di kehutanan juga pemukiman penduduk sekitarnya,” ujar Hamdani

Tak hanya itu, Kepala Desa pun berharap dengan terealisasinya pembangunan jalan rabat beton tersebut bisa mendorong peningkatan daya jual hasil panen para petani kebun dan juga para petani sayuran, kopi, dan sebagainya.

“Kepuasan masyarakat merupakan kebanggaan bagi kami, terwujudnya bentuk pembangunan adalah bukti kerjasama antara unsur pemerintahan dengan seluruh warga masyarakat yang sadar betapa pentingnya pembangunan demi kemajuan di segala aspek kehidupan,” tutur Hamdani

Menurut Kepala Desa Sukawening, Infrastruktur jalan merupakan salah satu sarana yang paling disoroti oleh masyarakat.

“Sedikit saja jalan rusak atau berlubang, keluhan masyarakat langsung mengemuka dan mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat pada kinerja pemerintah desa , untuk itu kami berupaya agar pembangunan infrastruktur dapat di lakukan walau di masa pandemi covid-19 ini, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan apalagi saat ini masih PPKM darurat level 3,” pungkas Hamdani diakhir pembicaraannya.*