SUBANG, mertro7.co.id – Gelar Seminar Nasional dan Pengajuan Pahlawan Nasional Bentuk Apresiasi Pejuang Bangsa. Pendiri Pejuang Siliwangi (PS), Ama Puradiredja secepatnya diusulkan oleh Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si kepada Presiden Jokowi untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Seminar Nasional tersebut mengusung tema sebagai Pejuang, Pengusulan nama tokoh Pahlawan Nasional dari Subang Alm. R. Oetje Poeradiredja oleh Pemkab Subang, dilaksanakan di Aula Graha Betha Wiguna Subang, Kamis (17/12/20).

Seperti diungkapkan Kang Jimat (Ruhimat), sapaan akrab Bupati Subang, menyampaikan Alm. R. Oetje Poeradiredja merupakan tokoh pejuang yang gigih dan mewarnai perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pada masanya, semangat Gotong Royong di gelorakan ketika melawan penjajahan di Subang. Semangat itu sejalan dengan motto Kabupaten Subang, ‘Rakyat Subang Gotong Royong Subang Jawara’.

“Seminar ini diharapkan menjadikan generasi muda untuk mengingat, menghargai dan belajar dari tokoh pahlawan untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” ungkap Kang Jimat selaku Bupati Subang.

Dikatakan Kang Jimat, sejak Januari 2020 pihaknya mengusulkan dua tokoh Subang sebagai pahlawan nasional, pertama. KH. Muhyidin, kedua Raden Ama Puradireja.

“Alhamdulillah KH Muhyidin sudah ditetapkan sebagai pahlawan Nasional. Semoga Raden Puradireja bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional yang berasal dari Subang. Mengingat betapa besar jasa dua tokoh tersebut untuk subang dan ikut berjuang untuk kemerdekaan republik Indonesia,” tambah kang Jimat.

Menurut kang Jimat, Dalam buku Api Sejarah II, tertulis Raden Ama Puradireja yang merupakan pemimpin laskar pencak silat dari Segalaherang, Kabupaten Subang. Laskar pencak silat itu berperan dalam perjuangan perang kemerdekaan.

“Maka dari itu kita akui bersama penobatan gelar pahlawan nasional untuk Raden Ama Puradireja sudah sangat layak karnanya perjuangan beliau sudah tidak di ragukan lagi dalam mendukung Kemerdekaan Indonesia,” lanjutnya.

Di acara tersebut, Bupati dan para tokoh menerima buku Subang dari Masa ke Masa karya Prof. Dr. Nina Herlina. Buku itu tentang informasi secara menyeluruh untuk masyarakat tentang Kota Subang dan sejarahnya.

Seminar tersebut di hadiri oleh, Bupati Subang Ruhimat, Keluarga R. Oetje Poeradiredja Edeh Yakni seorang Tokoh sekaligus Guru Ormas Pejuang Siliwangi (PSI) serta Kaka Dari Edeh Puradireja yang dikenal Edeh Alit berikut keluarga, Sekda Kabupaten Karawang yang sekaligus Ketua PSI di Kabupaten Karawang DRS Acep Jamhuri, Anggota DPR RI bapak H. Mukhlis Basri, Kasubdit K2KS Direktorat K2KRS Ditjen, Bupati Lampung Barat bapak H. Parosil Mabsus, Sejarawan Prof. Dr. Nina Herlina, dan lainnya.