TEGAL, metro7.co.id – Untuk atasi kesulitaan air bersih akibat kekeringan di lima wilayah kecamatan di Kabupaten Tegal, Pemkab Tegal siapkan 325 tangki air bersih untuk didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

Pelepasan pendistribusian air bersih tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tegal Umi Azizah di depan Pendopo Amangkurat Kantor Bupati Tegal, Jumat (02/10/2020) pagi.

Ditemui usai melepas distribusi bantuan air bersih tersebut, Umi mengatakan, pendanaan bantuan 325 tangki air bersih tersebut berasal dari patungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten dan Baznas Kabupaten Tegal.

“Lima kecamatan yang mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih tersebut antara lain Kecamatan Suradadi, Warureja, Jatinegara, Kedungbanteng dan Balapulang. Harapan kami, melalui distribusi bantuan ini bisa meringankan beban warga, terutama dalam mencukupi kebutuhan air bersih,” kata Umi.

Selain itu, Umi juga menitip pesan kepada warga agar lebih giat melakukan penghijauan lingkungan, salah satunya melalui gerakan pelestarian lingkungan hidup dengan menanam pohon.

Menurutnya, penghijauan merupakan investasi di bidang ekologi. Selain menciptakan iklim mikro, penanaman pohon sebagai tutupan di lahan terbuka mampu merubah fungsi kawasan sebagai area tangkapan air.

“Manfaatnya memang baru akan kita nikmati nanti, lima hingga sepuluh tahun ke depan, tapi ini berkelanjutan, setidaknya bisa membantu mengatasi masalah kekeringan air saat musim kemarau tiba,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kabupaten Tegal Muhtadi merincikan jumlah bantuan 325 tangki air bersih tersebut, yaitu dari BPBD Kabupaten Tegal sebanyak 200 tangki, PMI Kabupaten Tegal 75 tangki dan Baznas Kabupaten Tegal, 50 tangki.

“Sebanyak sembilan tangki air bersih telah dilepas secara simbolis oleh ibu Bupati Tegal untuk dibagikan ke warga di dua desa, yaitu Desa Kertasari dan Banjaragung, Kecamatan Suradadi,” jelas Muhtadi.

Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut antara lain, Kepala BPBD Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin, Ketua Baznas Kabupaten Tegal Akhmad Rofiqi dan Ketua PMI Kabupaten Tegal Imam Sisworo serta perawakilan Polres Tegal dan Kodim 0712/ Tegal.***