BREBES, metro7.co.id – Pilkades Serentak Kabupaten Brebes gelombang III akan digelar di tanggal 18 Mei 2022 di 43 desa yang tersebar di 16 Kecamatan.

Tak menampik, potensi konflik bisa saja ada dimana dalam satu wilayah ada beberapa calon kades ataupun pendukungnya dengan jumlah calon kades lebih dari satu.

Adanya gelaran demokrasi tingkat desa yang aman nyaman dan menghasilkan terbaik menjadi harapan masyarakat.

Winda Sari Dewi (27), warga Desa Lembarawa Kecamatan/Kabupaten Brebes sampaikan harapanya adanya Pilkades serentak khususnya di desanya.

“Pemilihan Kepala Desa tidak menutup kemungkinan terjadi konflik, maka kami atasnama warga berharap, keamanan lebih bisa ditingkatkan, tidak memihak, bangun edukasi politik, bangun kebersamaan, ciptakan rasa aman dan nyaman,” harap Winda, Selasa (8/3).

Kepada para pendukung Calon Kades, lanjut Winda, mari bersama-sama berkontribusi biar semuanya berjalan lancar tanpa adanya sesuatu yang tidak diinginkan dan tidak ada pihak yang dirugikan.

Harapan tersebut juga disampaiakan PJs Kades Lembarawa, Slamet.

Slamet mengimbau kepada masyarat yang digadang–gadang calon kades untuk bisa mengedukasi atau mengarahkan pendukungnya untuk mengkondusifkan suasana pilkades serentak di Desa Lembarawa.

Ia juga berharap masyarakat yang mencalonkan diri bisa memahami aturan pilkades yang sudah ditetapkan Panitia Pilkades.

Terpisah, Kamis (10/3), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes, Mochamad Sodiq SSTP MSi meminta para calon ikut serta dalam menciptakan rasa aman, hindari potensi konplik, berikan edukasi politik kepada pendukungnya.

Menurutnya potensi potensi yang bisa memicu konplik diantaranya, saling klaim wilayah pendukungnya, mendirikan pos pos di fasilitas umum, tidak memberikan edukasi yang baik dan benar dan banyak lagi.

Sodiq berharap potensi potensi tersebut dapat dihindari.

Sementara Kepala Dinpermades Kabupaten Brebes, Subagya SH SIp dihubungi terpisah mebenarkan apa yang di sampaikan Kepala Kesbangpol Brebes.

Menurutnya yang disampaikan tersebut hasil rapat bersama Kesbangpol perwakilan Camat, intel Polres dan Kodim serta Satpol PP.