CILACAP, metro7.co.id Nusakambangan Jeep Club, sebuah komunitas pencinta jeep di Cilacap, Jawa Tengah melakukan bersih-bersih pantai dan penanaman pohon di THR Teluk Penyu, Cilacap, Sabtu (6/11/2021). 

Kegiatan bertujuan meningkatkan kepedulian, kesadaran, dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai Teluk Penyu dan laut Cilacap. 

Acara ini bekerja sama dengan Kodim 0703 Cilacap dan PT Bank BPR Gunung Slamet, selain untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, juga untuk menciptakan lingkungan yang aman, bersih, lestari, dan mengurangi risiko bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Cilacap, seperti abrasi, gelombang pasang, tsunami, dan pemanasan global. 

Kegiatan juga untuk menyambut Hari Pahlawan, dan dihadiri Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Abdul Asis Lallo, Ketua Nusakambangan Jeep Club Telu dan anggota, serta Direktur Kepatuhan PT BPR Bank Gunung Slamet Ari dan staf, serta anggota Kodim 0703 Cilacap, anggota Nusakambangan Jeep Club, dan Komunitas Bersih Pantai.

Kasdim mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai Teluk Penyu dan penanaman pohon ini untuk meningkatkan kepedulian atau kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan di Pantai Teluk Penyu, laut, dan sekitarnya. 

“Serta untuk menciptakan lingkungan yang aman, bersih, lestari, serta untuk mengurangi risiko potensi bencana seperti abrasi, gelombang pasang, tsunami, dan lainnya. Selain itu, penanaman pohon juga sebagai edukasi bagi kita dan menjadi teladan bagi masyarakat untuk mencegah potensi ancaman bencana, dan upaya untuk meningkatkan keindahan alam di sekitar pantai,” jelasnya.

Kasdim menambahkan, penanaman pohon ini sudah dilakukan secara berkala di sepanjang pantai selatan yang masih wilayah Kodim 0703 Cilacap. 

Dan saat ini, Kodim Cilacap kembali menanam 500 bibit pohon cemara laut karena dinilai cocok ditanam di lingkungan pantai.

“Tidak hanya di Teluk Penyu, penanaman pohon juga telah kita lakukan di sepanjang pantai selatan di wilayah Kabupaten Cilacap,” ungkapnya. 

Penanaman seperti ini, urai Kasdim, dilakukan secara berkala dan akan terus dilakukan.

“Kita pelihara terus, sehingga tumbuh dengan baik. Diharapkan dapat memberikan manfaat kepada generasi selanjutnya,” papar Kasdim.

Ketua Nusakambangan Jeep Club Telu mengapresiasi gerakan yang dilakukan Kodim 0703 Cilacap dalam mewujudkan kebersihan di lingkungan pantai Teluk Penyu dan kembali melakukan penanaman pohon cemara laut.

“Kami salut kepada Kodim Cilacap yang secara berkala melakukan penanaman pohon dan pembersihan di area pantai. 

Diharapkan, melalui kegiatan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan pantai serta berpartisipasi dalam menghijaukan bumi Cilacap ini,” katanya. ***