KABUPATEN TEGAL, metro7.co.id – Gedung PCNU Adiwerna menjadi sarana diadakanya pentas seni dengan tema Teater Cebong. Pentas yang digelar oleh budayawan Tegal seperti Retno Kusrini dilangsungkan selama dua hari di mulai pada tanggal 5 Desember 2020. Dalam acara tersebut diadakan berbagai macam kegiatan seperti pelatihan bagi anggota baru, pementasan tari maupun teatrikal ditampilkan.

Acara digagas oleh beberapa mahasiswa perguruan tinggi di Tegal, seperti Muhammad Hafidz Haikal yang juga menjabat sebagai Ketua dari Teater Cebong. Teater Cebong sendiri sudah berdiri sejak tahun 2016.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan semakin banyak dari anak-anak muda yang tertarik dengan dunia seni terutama bidang teater dan agar dapat mempertahankan budaya asli Tegal. Kalau tidak kita sebagai generasi muda yang mencintai budaya sendiri siapa lagi,” ungkap Haikal

Kecintaan akan budaya asli daerah sangat diperlukan ditengah gempuran budaya barat yang semakin masiv. “Dengan berkesenian di samping dapat mempertahankan budaya warisan leluhur juga sebagai wadah penyaluran ekspresi jiwa yang positif dan membangun kepekaan terhadap lingkungan,” papar Haikal.