MALANG, metro7.co.id – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, rutin melakukan pembersihan/pemotongan rumput liar pada bahu jalan Kabupaten, wilayah Kabupaten Malang, melalui petugas khusus yang telah dibentuk. 

Pemotongan rumput pada bahu jalan ini, merupakan salah satu usaha Pemerintah untuk memperpanjang usia jalan dan menambah estetika jalan. Selain itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan, serta terciptanya lingkungan yang bersih.

Giat rutin Dinas PU Bina Marga melalui UPT Pengelola Jembatan dan jalan tersebut, telah dilakukan sejak lama, dibeberapa lokasi ruas jalan yang ada di Kabupaten Malang. 

Kali ini, Jumat (2/7/2021), giat dilaksanakan di ruas jalan Gondanglegi – Wonokerto, Kecamatan Bantur. Tampak para petugas menangani banyaknya tumbuhan liar yang tumbuh pada bahu jalan.

Sehari sebelumnya, giat rutin juga dilaksanakan di ruas jalan Pagelaran, Wonomulyo – Sumberejo, Ngadas – Ngadireso, ruas jalan Kepanjen – Pagak dan ruas jalan Rembun – Gedok Wetan, Kecamatan Turen Kabupaten Malang.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Suwiknyo, menyampaikan, rutinitas operasional pembersihan bahu jalan dari rumput liar ini, adalah salah satu upaya Pemerintah dalam menjaga kualitas ruas jalan. Juga untuk memperpanjang usia jalan dan menambah estetika jalan. “Selain itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan, serta  menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Ia menjelaskan, petugas pembersih bahu jalan dan saluran terdiri dari beberapa tim. Tiap tim terdapat petugas teknis dan petugas administrasi.

Menurut Wiknyo, pembersihan rutin bahu jalan secara berkala tentu sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi jalan. “Sebab, pembersihan rutin dipastikan akan memperpanjang usia dan kekuatan jalan. Sehingga badan jalan akan lebih awet,” tukasnya.

Oleh karena itu, ia berharap, melalui giat rutin ini, seluruh badan jalan di Kabupaten Malang, bisa lebih awet dan tahan lama.

Sekadar diketahui, giat rutin yang dilaksanakan, tak hanya pembersihan atau pemotongan rumput pada bahu jalan saja, tapi juga normalisasi drainase, agar bisa berfungsi secara normal.[]