MALANG, metro7.co.id – Gempa bermagnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang dan sekitarnya, Sabtu (10/4/2021) sore. Gempa yang berpusat di lepas pantai Kabupaten Malang, menyebabkan belasan rumah di beberapa wilayah Kabupaten Malang rusak.

Termasuk rumah warga Kampung Sawo, Dawuan dan Sumberayu, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit.

Mengetahui adanya kerusakan rumah warga Dampit akibat gempa, Ketua Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC PP) Dampit, Nanang Qosim, beserta anggota, gerak cepat terjun ke lokasi terdampak gempa.

“Sebanyak 50 personil anggota PAC PP Dampit yang diterjunkan ke lokasi, secara bergantian untuk menyalurkan bantuan dan membantu masyarakat yang terdampak gempa,” ungkap Nanang, Senin (12/4/2021).

“Mulai kemarin hingga hari ini, kami terus melangsungkan bantuan kepada warga yang terdampak gempa,” tambahnya.

Bantuan yang disalurkan PAC PP Dampit kepada warga terdampak gempa tersebut, kata dia, berupa sembako dan bahan bangunan, seperti semen dan lainnya. Ia menjelaskan, bantuan yang disalurkan adalah hasil swadaya para jajaran pengurus dan anggota PAC PP Dampit.

Guna percepatan pembangunan rumah warga yang terdampak, lanjut Nanang, pihaknya dan dibantu masyarakat ikut serta membersihkan puing-puing sisa bangunan yang roboh.

“Kami akan berupaya memaksimalkan tim di lapangan untuk membantu korban yang terdampak gempa dan saya beserta anggota PAC PP Dampit, telah bersepakat untuk membantu warga yang terdampak gempa ini,” ujarnya.

“Tak hanya itu, kami juga masih terus melakukan pendataan korban yang terdampak dan berupaya memaksimalkan bantuan sosial yang bisa diserahkan,” demikian tandas Nanang.[]