BANGKA BELITUNG, Metro7.co.id – Kapolda Bangka Belitung (Babel) Irjen Pol Drs Yan Sultra memimpin Upacara Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bagi Bintara dan Tamtama Remaja Satuan Brimob Polda Babel Tahun 2022, Selasa (22/3) pagi.

Upacara yang digelar di Lapangan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Babel diikuti juga Wakapolda Brigjen Pol Umardani, Irwasda Kombes Pol Agus Mandarwanto, Dansat Brimob Polda Babel Kombes Pol Nazluddin Zulkifli dan beberapa pejabat utama Polda Babel.

Upacara tradisi dan pembaretan ini ditandai dengan pemasangan baret oleh Kapolda kepada perwakilan bintara dan tamtama Brimob Polda Babel.

Kapolda dalam sambutannya mengatakan Korps Brimob yang dikenal sebagai salah satu unit tertua yang ada di dalam organisasi Polri memiliki beberapa tugas utamanya seperti penanganan terorisme domestik, penanganan kerusuhan, penegakan hukum berisiko tinggi, SAR, penyelamatan sandera, hingga penjinakan bom.

Selain itu, Korps Brigade Mobil juga bersifat sebagai komponen besar di dalam Polri yang dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas anti-separatis dan anti-pemberontakan, serta sering kali bersamaan dengan operasi militer.

Untuk itu, Kapolda menilai pelatihan dan pembinaan terkait fungsi teknis Brimob yang sudah dijalani selama dua bulan ini merupakan langkah awal dari pengenalan tugas-tugas Brimob yang akan diimplementasikan secara langsung saat bertugas.

“Hal ini sangat perlu dilakukan dikarenakan tantangan tugas yang akan dihadapi ke depan sangat lah berat seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi dan masyarakat yang semakin kritis,” terang Kapolda.

Melalui pelatihan ini juga, Irjen Pol Yan Sultra berharap para bintara dan tamtama remaja Brimob ini benar-benar memahami tugas dan fungsi teknis Brimob serta kemampuan Brimob pada umumnya.

“Harapannya ini dapat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai anggota Brimob Polda Babel yang profesional dan presisi,” ujarnya.

Diakhir sambutan, Kapolda menyampaikan beberapa poin kepada bintara dan tamtama Brimob yakni laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan rasa keikhlasan, tunjukan sikap tampang, tanggap, serta tegas karena semua adalah angkatan termuda di Satuan Brimob dan di lingkungan Polda Babel.

Pahami dan patuhi maupun ikuti aturan yang berlaku, khususnya yang ada di Satuan Brimob dan secara umum di lingkungan Polda Babel, serta jaga nama baik Polri di manapun berada dan hindari serta jauhi penyalahgunaan narkoba.