BANGKA BELITUNG, metro7.co.id – Dalam rangka menggairahkan sektor ekonimi UMKM, organisasi Anak Ibu Pertiwi Indonesia (AIPI) menyelenggarakan bazar rakyat di Taman Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, dari Minggu (22/9) siang hingga malam hari.

Kegiatan tersebut dimeriahkan bazar UMKM, lomba mewarnai usia anak-anak, dan ditutup oleh acara hiburan pada malam harinya.

Ketua AIPI, Wanda mengatakan, bazar rakyat itu diadakan untuk mendongkrak sektor ekonomi lokal dan hiburan untuk masyarakat Sungailiat.

“Bazar ini kitaa persembahkan memang untuk masyarakat Sungailiat. Selain kita beri ruang untuk teman-teman UMKM, kita juga adakan hiburan rakyat di Taman Kota ini biar lebih meriah lagi,” ungkapnya usai acara.

Dirinya tak menampik jika kondisi ekonomi saat ini sedang tidak bergairah dikarenakan banyak faktor penyebab.

Karena itu, pihaknya berinisiatif untuk membantu para pegiat UMKM dengan memberi wadah bagi mereka lewat kegiatan bazar rakyat tersebut.

Ke depan, Wanda pun berharap ekonomi Babel, khususnya di Kabupaten Bangka dapat pulih seperti sediakala agar daya beli masyarakat kembali bergairah.

“Ya, semoga ekonomi kita pulih kembali. Timah bisa kembali mahal harganya, termasuk hasil perkebunan sepeti sawit, dll, pun bisa kembali bergairah biar rakyat kita bisa hidup dengan tenang seperti tahun-tahun sebelumnya, pak,” imbuhnya.

Dalam penutupan kegiatan Minggu malam itu, turut hadir Bupati Kabupaten Bangka Periode 2018-2023, Mulkan.

Kedatangan tokoh yang dikenal dermawan itu pun disambut meriah masyarakat Sungailiat yang ikut memeriahkan acara.

Dalam sambutannya, Mulkan mengapresiasi kegiatan bazar rakyat yang diadakan oleh AIPI.

Menurut Mulkan, kegiatan seperti ini memberi ruang positif untuk masyarakat selaku pegiat UMKM supaya bisa mendapat tambahan penghasilan.

Dia tegaskan akan selalu mendukung kegiatan apapun yang memang bertujuan menggerakkan roda perekonomian lokal.

Adanya panggung hiburan di Taman Kota saat ini, misalnya, merupakan buah pembangunan kepemimpinan Mulkan 5 tahun yang lalu.

“Artinya panggung hiburan yang kita bangun dahulu memang dimanfaatkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Jadi akan terus kita dukung kegiatan kegiatan seperti ini karena jelas menggerakkan ekonomi masyarakat yang saat ini terpuruk,” ucap Mulkan.

Ia menjelaskan, selama kepemimpinanya, dia sangat mendukung penuh pertumbuhan sektor UMKM.

“Melalui UMKM ini lah kita bisa meningkatkan pendapatan ekonomi kerakyatan masyarakat di Kabupaten Bangka. Sehingga pasca Covid-19, kami dari Pemkab menganggarkan bantuan subsidi nol persen kepada para pelaku usaha kita menggunakan dana KUR yang ada di Bank, sehingga bunganya ditanggung oleh pemerintah daerah mulai dari 2021 sampai terakhir saya menjabat,” papar Mulkan.

Dirinya pun menegaskan, jika terpilih kembali sebagai Bupati Bangka, Mulkan akan lanjutkan program subsidi tanpa bunga, tanpa agunan, alias nol persen untuk membantu para pelaku usaha UMKM.

Selain bakal mengembalikan program UMKM dengan bunga nol persen, Mulkan memastikan bakal memulihkan gaji honorer dan TPP ASN Pemkab Bangka yang sekarang dalam kondisi sangat memprihatinkan akibat terjadinya pemotongan.

Menurut Mulkan, pemotongan gaji pegawai ini menjadi salah satu sebab daya beli ekonomi masyarakat menurun drastis, akibat adanya pengurangan penghasilan pegawai.

“Kami akan mengembalikan (gaji) tenaga-tenaga honorer kita yang sampai hari ini dipotong 50 persen akan kami kembalikan lagi 100 persen seperti semula, dan kembalikan TPP ASN kita yang kemarin kelas jabatan. Pada zaman kami pakai kelas beban kerja dan prestasi kerja, dan ke depan kami akan pakai tunjangan kinerja, karena kita sangat prihatin sekali, sebab hal ini sangat berpengaruh pada daya beli masyarakat,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, di akhir sambutan, Mulkan pun menegaskan akan kembalikan lagi program BPJS hingga beasiswa gratis untuk masyarakat yang tidak mampu.