BREBES, metro7.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes menggelar Training of Trainers (ToT) bagi PPK dan PPS untuk pemilu 2024, di Hall Almayra Grand Dian Hotel, Selasa (23/1).

Ketua KPU Brebes, Manja Lestari Damanik menjelaskan acara yang diikuti 85 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan 891 PPS (Panitia Pemungutan Suara) itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para fasilitator yang akan membantu dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Brebes.

“ToT ini diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan PPK dan PPS dari 17 kecamatan sekabupaten Brebes di laksanakan selama 3 hari. Selain itu peserta juga dibekali pemahaman mendalam tentang tugas dan tanggung jawab panitia pemilihan, serta tata cara pelaksanaan Pemilu,” tutur Manja L Damanik.

Diterangkan, Manja L Damanik, pembekalan pemahaman itu meliputi hal teknis, administrasi. Seperti pemahaman terkait sistem informasi pemilihan, manajemen logistik, pengawasan dan pengendalian, serta penanganan konflik.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan materi tentang etika dan integritas dalam menjalankan tugas sebagai panitia pemilihan.

“Hal ini penting untuk memastikan bahwa proses pemilihan berjalan secara adil, transparan, dan jujur. Program ToT ini merupakan bagian dari upaya KPU untuk memastikan bahwa setiap tahapan Pemilu berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Ketua KPU Brebes itu.

Dengan mengedukasi dan melatih para fasilitator harapannya mampu mentransfer ilmu kepada KPPS.

Ketua KPU Brebes berharap dengan pelatihan dan edukasi yang diterima peserta melalui ToT, mereka mampu menyalurkan ilmu yang di dapat kepada KPPS.

“Dalam waktu dekat ini KPU akan melantik 44.034 KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Sekabupaten Brebes yang akan digelar pada tanggal 25 Januari 2024 mendatang,” tutupnya.