PESAWARAN, Metro7.co.id – Hari pertama praktek kerja Lapangan (PKL) di kantor DPD KO- WAPPI pesawaran,Senin,(18/1/2021), mahasiswa universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) mendapatkan pembekalan materi dasar peliputan dan penulisan berita.

Pemberian materi tersebut disampaikan oleh sekretaris DPD KO-WAPPI Anton Kurniawan MM bersama divisi pemberitaan Magel Hen dan bagian Humas, Suryanto.S.Kom

“Penulisan berita selain harus memenuhi unsur 5W 1 H tentunya juga harus berpedoman pada kaidah jurnalistik,” jelas Anton.

Selain itu,tambah Anton, seorang jurnalis ketika di lapangan harus bisa memahami situasi yang terjadi dan mampu merangkum dengan cepat dan menulis secara jelas dan berkualitas

“Ketika meliput kita harus sudah tahu tujuan dan memahami peristiwa yang akan dijadikan berita sehingga waktu yang kita perlukan di lokasi bisa lebih efisien,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Magel Hen, menjelaskan, ketika melakukan peliputan berita pada sebuah peristiwa, seorang jurnalis harus mampu menganalisa informasi sebanyak mungkin

“Ketika berada di lapangan, harus bisa mencermati dengan seksama kemudian merangkum dan mencatat sebanyak mungkin dengan menganalisa setiap informasi yang sedang terjadi, sehingga memudahkan ketika akan memilah sebagai bahan berita,” ungkapnya.

Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung akan melakukan magang praktek kerja lapangan selama empat puluh hari di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Wartawan Pelacak Profesional Indonesia (KO- WAPPI) Kabupaten Pesawaran.