BREBES, metro7.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Manja Lestari Damanik melantik dan mengambil sumpah jabatan 891 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas di 290 Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Brebes pada Pilkada Serentak 2024.

Acara yang digelar di stadion Karangbirahi Brebes tersebut ditandai dengan menerbangkan balon ke udara, di lapangan Stadion Karangbirahi Brebes, Minggu (26/5).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Brebes Manja L Damanik kepada anggota PPS yang dilantik dan diambil supahnya berpesan dan menekankan untuk dapat bekerja dengan baik dan menjaga netralitas.

“Kepada saudaraku yang sudah dilantik pada hari ini, laksanakan tugas dengan tanggung jawab, jujur dan adil atas amanah yang dipercayakan kepada saudara saudaraku. Saudara adalah orang yang terpilih dari pembentukan badan adhoc untuk Pilkada serentak tahun 2024 kabupaten Brebes,” jelasnya.

Ia berpesan, tingkatkan komunikasi dan kordinasi dengan jajaran pemerintahan di tingkat kelurahan atau desa.

“Perlu saya ingatkan bahwa PPS bukan pengambil kebijakan, tapi merupakan pelaksana teknis, untuk itu harus menyikapi secara Arif dan benar dalam menjalankan tugas. Saya harap yang sudah terlantik hari ini, dari point dan rincian pakta integritas yang sudah di sampaikan dapat terlaksana dengan baik,” kata Manja L Damanik.

Usai melantik, Ketua KPU Brebes juga menegaskan, mereka harus benar-benar netral.

“Saya berharap mereka bekerja sesuai dengan fakta integritas yang telah dibacakan. Setelah dilantik, mereka harus netral. Mengingat, dalam beberapa kejadian sebelumnya, ada anggota PPS yang ternyata menjadi calon legislatif (caleg), dan kami langsung mencoret nama mereka. Kami benar-benar selektif dalam proses ini,” tegasnya.

Pelantikan sesuai nomor : 563/PP.04.2-Pu/3329/2024 Tentang Hasil Penetapan Seleksi Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara Untuk Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Pada Kabupaten Brebes Tahun 2024. Hal ini menandai dimulainya tugas mereka dalam menyelenggarakan pemilihan yang bersih, jujur, dan adil.

Pj Bupati Brebes melalui Plh Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes, Muhammad Reza Prisman, berharap kepada seluruh anggota PPS yang sudah dilantik ini dapat berkerja sesuia undang-undang yang berlaku dan memegang teguh dalam melaksanakan tugas.

“Anggota PPS memegang peranan penting dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024,” tutupnya.