MALTENG, metro7.co.id – Bupati Maluku Tengah,Abua Tuasikal didampingi Wakil Bupati Marlatu Leleury bersama sejumlah Kepala OPD melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kecamatan Tehoru.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua meresmikan enam Saniri Negeri dari enam Negeri yang tersebar di Kecamatan Tehoru. Peresmian enam Saniri Negeri berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Tehoru, Rabu 9 September 2020.

Enam Saniri yang diresmikan Bupati diantaranya, Saniri Negeri Mosso, Negeri Salamahu, Saniri Negeri Hatu, Saniri Negeri Hatumete, Saniri Negeri Yaputih dan Saniri Negeri Piliana.

Bupati dalam sambutannya mengatakan Saniri adalah lembaga mitra strategis dengan Pemerintah Negeri dalam merumuskan kebijakan serta program kerja yang mengutamakan sinergitas dan kekompakkan didalam membangun negeri.

“Dengan terlaksananya peresmian Saniri Negeri maka perlu adanya sinergitas serta kekompakkan bersama pemerintah negeri untuk membangun negeri,” kata Bupati.

Selain itu, Saniri diminta untuk memperhatikan kepentingan masyarakat untuk bersama pemerintah menyelesaikan masalah di tengah-tengah masyarakat.

Bupati juga menghimbau agar Saniri harus memastikan penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik dan transparan terutama soal pengelolaan dana desa, alokasi dana desa dan penyelesaian Kepada Pemerintah Negeri yang definitif.

“Tugas dan tanggung jawab yang diemban mulai hari ini, merupakan amanah suci yang nantinya harus dipenanggungjawabkan kepada masyarakat,” ucapnya.

Bupati Maluku Tengah dua periode ini juga mengungkapkan bahwa Saneri serta Pemerintah Negeri dan Pemerintah Daerah agar membangun kerja sama yang baik untuk mewujudkan kesamaan ide dan pikiran dalam membangun negeri dan daerah.

“Olehnya itu, para anggota Saniri Negeri harus serius, penuh semangat serta diharapkan memiliki tanggung tanggung jawab yang tinggi dan bijaksana serta menempatkan dirinya diatas semua kepentingan masyarakat, dan harus selalu berkoordinasi dengan pemerintah,” katanya lagi.
Lanjutny, atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah mengucapkan selamat kepada yang telah diresmikan menjadi saneri. “Harapan saya agar mampu mengembang tugas sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Pantuan Wartawan Metro 7 dilapangan, setelah agenda peresmian saneri dan sejumlah agenda kunjungan kerja di Negeri Tehoru, Bupati bersama Wakil Bupati serta rombongan melakukan road show ke seluruh Negeri-Negeri di Kecamatan Tehoru dalam rangka mengunjungi masyarakat dan menyerahkan sejumlah bantuan dan menyerahkan bantuan BPJS gratis kepada masyarakat yang tidak mampu. *