MALTENG, metro7.co.id – Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) cabang Maluku Tengah periode 2020 -2023 Kamis (15/10) dilantik.

Pelantikan Ketua Charli Witanto, sekretaris dan struktur organisasi BPC HIPMI malteng dilakukan langsung Ketua BPD HIPMI Maluku Jacqline Sahetapy di Ruang pertemuan Hotel Lounussa, di Masohi.

Jacqline Sahetapy mengapresiasi lahirnya kepengurusan HIPMI Malteng. Menurutnya, pelantikan yang terlaksana menunjukan komitmen organisasi untuk berkontribusi bagi organisasi dan pembangunan daerah.

“BPC HIPMI Malteng memasuki momentum baru untuk lebih mengoptimalkan gerak organisasi demi guna membantu mendorong perubahan yang lebih baik kedepan. Di internal maupun di daerah, dalam hal ini Kabupaten Maluku Tengah,” tandas Sahetapy.

Bagaimana mengoptimalkan kerja-kerja organisasi demi mewujudkan komitmen besar memajukan organisasi dan daerah? Sahetapy katakan, perlu usaha membangun kemitraan yang baik dengan pemerintah.

“Jangan berpikir daerah mau kasih apa, tapi berpikirlah tentang apa yang bisa kita berikan bagi daerah,” pesan Sahetapy.

Pengembangan organisasi kedepan tentu tidak akan lepas dari tantangan. Karena itu Sahetapy juga mengingatkan tentang pentingnya membangun komunikasi dan kordinasi dengan pemerintah.

Senada dengan Sahetapy, Ketua OKK BPP HIPMI, Boy R Sangadji meminta kesiapan seluruh anggota HIPMI mampu berkompetisi di tengah kondisi. Paling penting adalah kesiapan seluruh kader. Baik itu modal maupun sumber daya pengukung lain.

Disinggung pula tentang pentingnya menjaga integritas. Artinya, HIPMI membutuhkan pemerintah. Sebaliknya pemerintah juga membutuhkan HIPMI dalam mendorong maksimalitas pembangunan di daerah.

“Kemampuan HIPMI harus diletakan pada tataran negosiasi. Tapi tentunya, sudah harus punya kesiapan dana perusahaan serta daya dukung lain terlebih dulu,” pesannya. “Jangan pakai tekanan tapi maksimalkan konsolidasi,” sambungnya.

Sebaliknya, Sangadji secara khusus memohon peran serta pemerintah daerah dalam membangun daerah dan organisasi HIPMI. “Libatkan HIPMI selaku organisasi pengusaha lokal daerah untuk membangun daerah,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury terhadap pelantikan pengurus HIPMI mengaku optimis organisasi ini akan bersinergi dengan pemerintah. Maupun memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah kedepan.

“Kehadiran HIPMI sudah barang tetnfu akan membawa dampak positif bagi pembangunan daerah, meningkatkan kondisifitas perekonomian dan kemakmuran rakyat,” pungkasnya.