KETAPANG, metro7.co.id – Bupati Kabupaten Ketapang, Martin Rantan SH MSos menghadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Ketapang periode 2021 – 2024, Kamis (08/04/2021) di Pendopo Bupati.

Dalam kesempatannya, Bupati menyampaikan bahwa Pemda Ketapang menaruh harapan besar pengusaha muda di Ketapang bisa tumbuh dan berkembang dengan pantang menyerah, serta mempunyai jiwa entrepreneurship.

Menurut Martin, pengusaha mempunyai kemampuan dan kapasitas yang luar biasa. Kemudian mempunyai talenta yang berbeda dari orang-orang biasa.

“Kemampuan tidak diragukan lagi. Kalau orang-orang yang sudah menjadi pengusaha bisa terjun ke dunia politik, bahkan bisa duduk di legislatif,” kata Martin.

Kepada para pengusaha muda yang ada di Ketapang, dia berpesan beberapa hal. Di antaranya membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan dan perilaku.

“Selain tiga aspek tentang personality, saya akan sampaikan ada 5 hal yang perlu menjadi rambu-rambu bagi seorang pengusaha punya jiwa entrepreneurship. Lima point itu adalah manusia, modal, metode, mesin dan pemasaran,” sambungnya.

Selain itu, pengusaha juga harus mempunyai semangat. Karenanya, ia berharap HIPMI Ketapang bukan menjadi organisasi yang hanya kumpul-kumpul dan menjadi organisasi papan nama saja.

“Hari ini saya sudah batalkan semua kegiatan untuk menghadiri acara ini. Artinya saya menaruh harapan kepada kaula muda HIPMI guna melanjutkan pembangunan Ketapang untuk Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera. Jadilah mitra pemerintah yang baik” tuturnya.

Masih dikesempatan yang sama, dia turut menyampaikan bahwa Kabupaten Ketapang saat ini tengah membangun food estate, satu rangkaian dengan pembangunan kawasan potensial cepat tumbuh.

“Dengan adanya pembangunan ini, maka ekonomi di Ketapang akan menjadi lebih baik. Karena jujur food estate ini mengedepankan sistem agro dengan melaksanakan budidaya pertanian untuk pengelolaan tanah daerah. Mudah-mudahan saudara yang dilantik bisa menggunakan peluang ini,” sambungnya.[]