MALTENG, metro7.co.id – Saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan peresmian ini sekaligus saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara dan Manager Unit Pelaksana Ambon yang telah berhasil mengoperasikan Unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel pada Pulau Ay, Pulau Rhun dan Pulau Hatta.

Hal ini di sampaikan oleh Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua SH, melalui sambutannya dalam meresmikan PLTD PT PLN (Persero) Pulau Rhun, Pulau AY dan pulau Hata yang bertempat di Negeri Administratif Pulau Rhun Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah.
Banda, 24/04/ 2021

Bupati Maluku Tengah melalui sambutannya, mengatakan bahwa, melalui kehadiran dan perhatian PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ambon, membuktikan komitmen pemerintah dalam menjawab berbagai tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan tenaga listrik yang merata.

“Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan listrik dalam jumlah yang cukup, kualitas yang baik dan harga yang wajar dalam rangka meningkatkan kesejehteraan masyarakat secara adil dan merata serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di daerah ini,” Ujar Tuasikal.

Selanjutnya, Kata Abua Tuasikal bahwa kita harus sadari bersama bahwa sektor penerangan atau ketenagalistrikan merupakan sektor yang mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan.

“Olehnya itu, pemerintah daerah terus berupaya untuk dapat mewujudkan pemenuhan sarana kelistrikan bagi seluruh masyarakat bahkan tidak terkecuali bagi daerah-daerah atau negeri-negeri dengan jangkauan atau akses terjauh dari pusat pemerintahan Ibu Kota Kecamatan atau Kabupaten,” Kata Bupati Dua Periode ini.

Dalam kaitan itu, upaya pemerintah daerah untuk pemenuhan sarana kelistrikan di daerah ini, juga mendapat respon yang sangat baik dari PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ambon.

“Melalui komunikasi dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah sehingga pembangunan ketenaga listrikan di Kecamatan Banda khususnya di Pulau Ay, Pulau Rhun dan Pulau Hatta dapat dilaksanakan sebagaimana yang diharapkan bersama,” Ujar Abua Tuasikal.

Tuasikal Abua Berharap semoga dengan di resmikannya Unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel di Pulau Ay, Pulau Rhun dan Pulau Hatta hari ini, maka ketersedian listrik bagi masyarakat nantinya dapat menunjang kegiatan perekonomian masyarakat kedepannya.

“kepada seluruh masyarakat, saya juga perlu mengingatkan agar masyarakat selalu dapat berhati-hati dalam menggunakan listrik, dan dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar agar bisa bermanfaat,” Pinta Abua.

Tuasikal Abua melalui sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada pihak PLN yang telah bekerja sama dengan baik dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam upaya bersama untuk pemenuhan kebutuhan pelayanan listrik di daerah ini.

“Kiranya dengan penyalaan listrik bersama ini dapat mempercepat pembangunan dan perekonomian warga demi mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Maluku Tengah khususnya di Kecamatan Banda,” Tutupnya.**