HALTIM, metro7.co.id – Rencana Upacara Bendera memperingati hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2020 yang Ke-75 oleh Kafan Ekspedisi sudah masuk tahapan persiapan perlengkapan dan konsultasi tempat upacara, Senin (04/07).

Memperingati HUT RI Ke-75 oleh Kafan Ekspedisi akan dilaksanakan dilembah pedalaman hutan Halmahera Timur tepatnya Kali Waci Maba Selatan tempat tinggal Suku Togutil (Orang Hutan) yang mendiami Hutan Haltim sudah ratus tahun.

Diketehui, Suku Tugutil yang mendiami Hutan Haltim adalah jumlah populasi terbanyak di rimbah Halmahera Provinsi Maluku Utara.

“Dengan jumlah sebanyak itu mereka belum pernah mendapatkan perhatian serius oleh Pemda Haltim, padahal mereka adalah saudara kandung dan bagian dari darah leluhur kita,” ucap Halil Abubakar selaku koordinator Kain Kafan Ekspedisi saat di wawancarai, Senin (04/08).

Lanjut Halil, pihaknya merayakan HUT RI 17 Agustus ini bukan baru kali ini saja tetapi sudah berulang dilakukan.

“Karna mereka adalah saudara kami yang memilih hidup dibelantara hutan tanpa kita sadari keberadaan mereka membawa dampak positif bagi kita di pesisir Halmahera sebab mereka turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan,” ucapnya.

“Mungkin saja udara segar yang kita hirup hari ini adalah pertisipasi mereka menjaga hutan dengan baik,” jelasnya lagi.

Ia juga berharap kepada Bupati Haltim, Muhdin Ma’bud bisa meladeni Suku Tugutil agar mereka bisa merasakan hidup lebih baik seperti di pesisir pantai.

“Yakni melalui sentuhan pendidikan kepada anak-anak dan kesehatan dan kebutuhan sandang, pangan dan papan serta sosialisasi hukum agar mereka tahu kalau membunuh itu tidak bisa,” pintanya. ***