HALTIM, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara menerima penghargaan prestasi capaian Respons Rate sensus penduduk online, dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat usai upacara pengibaran bendera merah putih pada, Hut RI ke 75 2020 (17/8) di lapangan upacara kantor Bupati.

Bupati Halmahera Timur yakni Ir. Muhdin telah menerima piagam penghargaan tersebut dari Kepala BPS Pusat Dr. Suhariyanto yang diwakili Oki Afrizal Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Haltim.

Kepada wartawan Oki Afrizal Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Haltim (17/8) lewat via seluler mengatakan, penyerahan penghargaan ke Pemda Haltim karena Kabupaten Haltim meraih prestasi sebagai kabupaten capaian Respons Rate atau melebihi target pada Sensus Penduduk Online dari 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020.

“Jadi ternyata Kabupaten Haltim ini raih prestasi dengan capaian respins rate melebihi target pada sensus penduduk online,” ungkapnya.

Dari target yang ditetapkan untuk Kabupaten Halmahera Timur yaitu sebanyak 1.314 keluarga dengan realisasi mencapai 1.506 keluarga atau 6.127 penduduk yang berpartisipasi pada sensus penduduk online. Dari 10 Kabupaten Kota di Provinsi Maluku Utara yang mendapatkan penghargaan sebanyak 6 Kabupaten Kota yaitu Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Timur, Pulau Morotai, dan Tidore Kepulauan.

Lanju Oki, atas pencapaian ini ia selaku Kepala BPS Haltim, mengucapkan terima kasih kepada penduduk Haltim yang sudah ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk online 2020.

Bagi penduduk yang belum berpartisipasi pada pendataan sesnsus penduduk online tahap ini maka akan bisa berpartisipasi pada sensus penduduk online tahap selanjutnya di tanggal 1 sampai 30 September 2020.

“Jadi nanti ada petugas sensus yang datang langsung ke penduduk,” katanya.

Oki juga menambahkan, untuk pelaksanaan sensus penduduk online kami berharap dukungan penuh dari Pemda Haltim agar berpartisipasi aktif dengan mengajak seluruh warga Haltim pada saat pelaksaan sensus berlangsung.

“Terutama partisipasi dari Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa agar menghimbau kepada warganya untuk partisipasi pada sensus penduduk online pada bulan September mendatang,” harapnya. *