SULA, Metro7.co.id – Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi ( Kadis Nakertrans ) salurkan bantuan kepada masyarakat Transmigrasi yang ada di Desa Trans Modapuhi, kecamatan Mangoli Utara Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi yakni Bapak Abdi Umagapi katakan bahwa ada beberapa Dinas yang diberikan Dana Insentif Daerah (DID) dan Alhamdulillah salah satunya Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi, sabtu (16/1/21).

“Dana Insentif Daerara (DID) ini diperuntukan untuk pemulihan ekonomi pada masyarakat dimasa Pandemi Covid-19 ditahun 2020 kemarin, dan akhirnya kami Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemda Sula) dengan itu, terkait dengan trasmigrasi kita tetap mengalokasikan,” kata Kadis Nakertrans saat diwawancarai.

Lanjut Abdi Umagapi, Terkait dengan pemulihan ekonomi di masa pandemi kita harus berfikir, artinya masyarakat Transmigrasi ini memang secara langsung memang tidak terdampak tapi ketika kita berbicara tentang hajat hidup orang banyak atau kebutuhan masyarakat itu harus di salurkan entah itu berupa barang maupun berupa uang tunai.

“Alhamdulillah, kami dari Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi telah menyalurkan DID berupa barang untuk 20 kepala keluarga bantuan tersebut 6 staf Pipa air untuk rumah dalam 1 keluaga, dan 20 kepala keluarga itu, kami juga memberikan bantuan pemasangan meteran dan instalasi listrik satu rumah per satu kepala keluarga meteran dan di tambah lagi dengan isntalasi pipa air dan 2 unit kultifator untuk kelompok tani,” ucapnya.

Selain itu, Abdi Umagapi juga menambahkan bahwa sebenarnya kami dari Dinas hanya menyediakan dan menyalurkan bukan melakukan pemasangan.

“tanggung jawab untuk masyarakat Transmigrasi itu bkan hanya dari Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi terkait dengan kebutuhan masyarakat itu terintegrasi, disitu ada Pertanian, ada PU, ada juga Ketahangan Pangan, ada Perindakop, Dinsos dan juga DPMD,” tambahnya.

Dalam proses penyaluran Dana Insentif Daerah (DID) harapan kami selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemda Kab. Kepsul) agar kiranya masyrakat Transmigrasi dapat menikmati apa yang di berikan atau disalurkan oleh pemda sula.

“Jadi sekarang ini masyarakat butuh perhatian dan sentuhan dari kami selaku Pemerintah Daerah,” harapnya.