HALMAHERA UTARA, metro7.co.id –
Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utaragandeng dua Bank untuk sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke kelompok tani dan petani milenial di Kecamatan Galela Barat, Halmahera Utara Kamis (16/7/2020).

Kepala Dinas Pertanian, Daud mengatakan, pihaknya bersama kelompok tani dan petani milenial di undang dua Bank, yakni Bank BRI dan Bank BNI Syariah Cabang Tobelo untuk sosialisasi KUR.

“Sosialosasi KUR kepada petani holtikultura untuk membiayayai usaha pertanian yang bersifat produktif dalam rangkah peningkatan produksi petani,” jelas Kadis Pertanian Halut.

Daud mengaku, selama ini pemanfaatan petani Holti dalam hal KUR untuk wilayah Galela masih sangat kurang.

“Ia benar, selama ini untuk wilayah Galela belum ada sosialisasi KUR kepada petani holti, dan sukur ada dua Bank cabang Tobelo ingin memberikan kemudahan penambahan modal,” aku Daud.

Syarat yang di perlukan dalam pengurusan KUR, kata Daud sangat mudah tergantung dari keseriusan petani dan niat yang baik untuk memperhatikan dana tersebut agar benar-benar membiayai usaha taninya.

Dirinya harapkan, bahwa setelah dana tersebut diterima harus di gunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan usaha petani,  bukan untuk dijadikan pada pembangunan atau pembiayaan rumah tangga, serta pembelian kendaraan bermotor dan biaya sekolah bagi anak, akan tetapi KUR untuk modal usaha taninya. ***