TALIABU, metro7.co.id – Dalam momentum politik, masing-masing orang bahkan kelompok memliki kapabel dalam mengkalkulasi siapa yang pantas dan siapa berpotensi akan memanangkan pertarungan politik secara Demokrasi.

Berdasarkan deskripsi ini, Mantan Pimpinan Kecamatan (Pinca) Partai Golongan Karya periode 2010, Anwar La Unga, menaruh keyakinan pada Muhaimin Syarif dan Saffarudin Mohalisi (MS-SM) akan membungkus kemenangan di Kecamatan Taliabu Barat Laut pada Pilkada tahun ini.

Secara pengamatan, Anwar melihat bahwa, sikon politik masyarakat di Taliabu Barat Laut di antaranya Desa Nggele dan Desa Onemai, telah memberikan sinyal politik ke jargon MS-SM. Hal itu terpantau meningginya antusias simpatisan dan pendukung dalam menjemput serta menghadiri agenda kampanye kedua paslon tersebut.

Menurut Anwar La Unga, perkiraan yang sama juga bahkan pernah dinyatakan saat dirinya masih menjabat sebagai Pimpinan Kecamatan Partai Berlogo Beringin serta tim pemenangan Kandidat yang diusung oleh partai yang dipimpinnya di kecamatan Taliabu Barat Laut kala itu.

“Saya sudah melihat kemenangan MS SM disini (Desa Nggele). Sebab, situasi yang nampak menyerupai atmosfer politik pada periode sebelum-sebelumnya dimana mulai dari penyambutan sampai kehadiran warga dan simpatisan dalam setiap kali menyambut pasangan MS SM itu serupa dengan bagaimana menyambut figur yang dulu dulu,” ucap Anwar La Unga.

Tentu saja, Sebagai orang yang telah berpengalaman dalam melihat venomena politik dipulau Taliabu Anwar La unga sangat paham dengan karakteristik pemilih yang ada diwilayah itu, terlebih lagi dirinya juga pernah menjadi pelaku dalam memenangkan paslon sebelumnya

“Mudah mudahan saya tidak keliru, tapi sejauh pengalaman saya melihat keadaan ini, arah kompas politik ditaliabu saat ini telah mengarah ke Ade Ucu (Nama akrab H.Muhaimin Syarif calon Bupati Pulau Taliabu dalam ikon MS- SM) itu yang saya lihat” Bebernya

Selain amatannya tentang antusias masyarakat dengan Paslon MS-MS, Anwar yang kini memilih menjadi Tim pemenangan Paslon MS-SM juga menyandarkan perkiraannya terhadap peralihan dukungan dari sejumlah tokoh tokoh partai politik disana dalam pemenangan kandidat yang dulu untuk beralih memperjuangkan Pasangan dari kalangan Anak Muda (MS-SM).

“Bahkan, tokoh tokoh disini sudah banyak berpaling, misalnya Mantan kepala desa Pertama La Ontu, Haji La Yoo, termasuk Haji La Unga, serta deretan tokoh tokoh politik berpengaruh lainnya. Tokoh tokoh yang saya sebutkan tadi adalah kerabat dekat dari lawan politik MS-SM saat ini yang menjadi tempat persinggahah mereka pada momen momen politik sebelumnya. Namun Ruang ruang itu telah diberikan kepada MS – SM pada saat ini. itulah yang membuat saya semakin yakin SM-MS akan Menang, amiinn,” tandasnya.